Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Mandarin

Marchelita, (2015) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Mandarin. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarLampiran.pdf

Download (634kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (97kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah ini untuk mengetahui pengaruh alat Peraga kartu gambar terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran bahasa mandarin. Penelitian ini dilakukan di SMA Mardi Waluya di Jln. Mayor Oking Jayatmaja No.15 Cibinong, 16918, dari tanggal 7 maret 2015 sampai dengan tanggal 9 Mei 2015. Sampel yang digunakan adalah 20 siswa kelas X IPS 1sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas X IPS 2 sebagai kelas control. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok siswa yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengeruh alat peraga kartu gambar terhadap hasil belajar siswa yang terlihat dari perbandingan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 74,1 dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 63. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga mempengaruhi hasil belajar siswa dalam pelajaran bahasa mandarin, yang terlihat dari hasil belajar yang meningkat dari sebelumnya. Hal itu tidak terlepas dari hakikat gambar yang bersifat kongkrit dan mudah dipahami. disarankan agar guru, memilih media pengajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar agar siswa lebih aktif dan senang dalam belajar, guru bisa menggunakan alat peraga kartu gambar untuk mengajarkan bahasa mandarin. Kata Kunci: Alat Peraga Kartu Gambar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBudianiningsih, TriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorElyana, NIDN316038402UNSPECIFIED
Subjects: LANGUAGE AND LITERATURE
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 19 Jan 2021 06:46
Last Modified: 19 Jan 2021 06:46
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3092

Actions (login required)

View Item View Item