The Popular English Borrowings In Cosmetic Terms: A Case Study Of Students At Christian University Of Indonesia

Fatrisia, Renica (2016) The Popular English Borrowings In Cosmetic Terms: A Case Study Of Students At Christian University Of Indonesia. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi)
HalJudulAbstrakDaftarIsi.pdf

Download (270kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (230kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)

Abstract

Pinjaman bahasa Inggris sudah menjadi fenomena dari waktu ke waktu di Indonesia. Peningkatan jumlah dari penggunaan kata-kata pinjaman bahasa Inggris semakin terlihat terutama dalam istilah kosmetik. Penggunaan istilah kosmetik dalam pinjaman bahasa Inggris lebih populer dan sering digunakan oleh wanita. Sebenarnya, bahasa Indonesia memiliki padanan kata untuk mengganti istilah bahasa Inggris menjadi istilah bahasa Indonesia, tetapi banyak wanita lebih memilih untuk menyebutkan kosmetik menggunakan pinjaman bahasa Inggris daripada istilah bahasa Indonesia. Penulis melakukan penelitian untuk menyelidiki gejala sosial pinjaman bahasa Inggris dalam istilah kosmetik berdasarkan teori ‘peminjaman kata’. Salah satu teori dari peminjaman kata menyatakan bahwa adanya proses kata-kata pinjaman yang dipinjam dari satu bahasa ke bahasa lain. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan sampel diambil dari 30 mahasiswi dari tiga fakultas yang berbeda, yaitu: Fakultas Sastra, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Setiap responden mendapatkan kuesioner yang berisi 20 pertanyaan: 10 esai dan 10 pilihan ganda. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan istilah bahasa Inggris lebih populer daripada istilah bahasa Indonesia. Penggunaan pinjaman bahasa Inggris untuk istilah kosmetik terus meningkat karena beberapa media seperti internet, iklan, majalah, dan masyarakat sering menggunakan istilah tersebut. Dampak dari penggunaan pinjaman bahasa Inggris untuk responden adalah mereka tidak mengetahui bahwa bahasa Indonesia mempunyai padanan kata dan penggunaan istilah kosmetik dalam bahasa Indonesia beralih ke istilah pinjaman bahasa Inggris. Kata kunci: Pinjaman bahasa Inggris, Populer, Media, Istilah bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSimatupang, Masda SurtiNIDN312096702UNSPECIFIED
Subjects: LANGUAGE AND LITERATURE
Divisions: FAKULTAS SASTRA > Sastra Inggris
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 14 Jan 2021 06:38
Last Modified: 14 Jan 2021 06:38
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3047

Actions (login required)

View Item View Item