MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK MORAL DALAM PERSPEKTIF TEOLOGIA PENDIDIKAN JOHANN HEINRICH PESTALOZZI

Boiliu, Noh Ibrahim and Samosir, Christina Metallica (2019) MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK MORAL DALAM PERSPEKTIF TEOLOGIA PENDIDIKAN JOHANN HEINRICH PESTALOZZI. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12 (3). pp. 187-197. ISSN 2620 3952

[img] Text
MANUSIASEBAGAIMAKHLUKMORAL.pdf

Download (218kB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/issue/view...

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk melihat konsep Johann Heinrich Pestalozzi tentang manusia sebagai makhluk moral. Moralitas merupakan suatu prestasi dari kehendak manusia, suatu hasil watak yang baik yang menang atas perasaan yang mementingkan kepentingan sendiri. Untuk bertumbuh secara moral, kita harus merasa secara dalam. Konsep manusia sebagai makhluk moralis menjadi dasar pemikiran bagi Pestalozzi dalam membangun teori pendidikannya yang teologis-filosofis. Moralitas dipandang sebagai nilai yang unsur yang diacu Pestalozzi sebab pada hakikatnya manusia diciptakan oleh Allah dan mewarisi unsur moral, dan keluarga (orang tua) adalah sekolah pertama dan terbaik menjadi guru sosial yang mengajarkan manusia untuk memperoleh pengalaman alami yang diperlukan untuk memperluas kekuatan moral, intelektual, dan teknis dalam diri manusia itu sendiri.

Item Type: Article
Subjects: PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Doctrinal Theology
Depositing User: Edi Wibowo
Date Deposited: 11 Jan 2021 09:55
Last Modified: 11 Jan 2021 09:55
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3013

Actions (login required)

View Item View Item