Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Matematika Ditinjau Dari Pengerjaan Soal Pada Materi Bangun Ruang

Natalia, Stevi (2020) Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Matematika Ditinjau Dari Pengerjaan Soal Pada Materi Bangun Ruang. Wacana Akademika, 4 (2). pp. 148-159. ISSN 2579 5007

[img] Text
AnalisisPemahamanSiswaTerhadapMatematika.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Reviewer)
ReviewerAnalisisPemahamanSiswaTerhadapMatematika.pdf

Download (475kB)
Official URL: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakad...

Abstract

topik segiempat, Subjek penelitian terdiri atas 6 siswa dari 30 siswa kelas VII C SMPN 129 Jakarta dengan masing-masing 2 siswa dari kelompok atas, sedang, dan bawah. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, tes, dan wawancara. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yang terdiri atas: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa dengan kategori tinggi berada pada level ekstrapolasi, sedangkan siswa dengan kategori sedang berada pada level pemahaman penerjemahan, dan siswa pada kategori rendah tidak memiliki level pemahaman atau tidak memahami materi yang diujikan. Pada siswa kategori tinggi mencapai pemahaman level tinggi yaitu ekstrapolasi karena memiliki pemahaman materi yang memadai pada materi prasyaratnya selain itu, siswa pada kategori ini mengikuti proses belajar dengan baik. Pada siswa kategori sedang memiliki level pemahaman menafsirkan karena mereka tidak memiliki pemahaman yang memadai pada materi prasyarat, sedangkan pada siswa yang berada pada kelompok kategori rendah, tidak pemahaman akan materi Segi empat, karena tidak memiliki kepedulian akan pembelajaran selama proses belajar mengajar berlansung, karena tidak menyukai pelajaran Matematika; Hal ini terjadi karena siswa yang berasal dari kategori hasil belajar rendah seringkali tidak

Item Type: Article
Subjects: SCIENCE > Mathematics
Depositing User: Mr. Admin Repository
Date Deposited: 14 Dec 2020 10:40
Last Modified: 14 Dec 2020 10:40
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/2883

Actions (login required)

View Item View Item