PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 80 JAKARTA

Manroe, Rosalia (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 80 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img]
Preview
Text (Cover_Daftar Isi_Abstrak)
Cover_Daftar Isi_Abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pengesahan)
Pengesahan.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, proses pembelajaran yang sering dilakukan guru adalah pembelajaran konvensional dimana guru yang menjadi pusat pembelajaran atau proses pembelajaran berlangsung hanya satu arah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Ekspositori pada siswa kelas VIII SMP Negeri 80 Jakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen dengan desain the nonequivalent pretest-posttest control group design dan dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Kelas VIII-G sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII-J sebagai kelas Kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pemebelajaran Problem Based Learning (PBL) tidak jauh berbeda dibandingkan dengan model pembelajaran Ekspositori dengan rata-rata kelas Eksperimen sebesar 44,3849 sedangkan pada kelas Kontrol sebesar 43,6134. Rata-rata yang didapat ini tidak mencapai sampai 50% dikarenakan materi yang diajarkan merupakan materi baru dan bukan materi yang diulang pada saat penelitian. Kata kunci : Kemampuan pemecahan masalah matematis, Problem Based Learning (PBL), Ekspositori

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSimbolon, KerdidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorHotmaulina, SihotangUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: EDUCATION
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 3 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2018 06:55
Last Modified: 10 Oct 2018 06:55
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item View Item