ANALISIS EFEKTIFITAS PENAGIHAN DENGAN SURAT PAKSA TERHADAP PPN TERTUNGGAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA JAKARTA PADEMANGAN

Hardian, Randi (2017) ANALISIS EFEKTIFITAS PENAGIHAN DENGAN SURAT PAKSA TERHADAP PPN TERTUNGGAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA JAKARTA PADEMANGAN. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img]
Preview
Text (Cover_Daftar Isi_Abstrak)
Cover_Daftar Isi_Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa penagihan PPN tertunggak dengan surat paksa sudah efektif di KPP Pratama Jakarta Pademangan. Data yang digunakan bersumber dari data sekunder KPP Pratama Jakarta Pademangan untuk periode lima tahun yaitu tahun 2011-2015 dan hanya pada subjek pajak WP badan. Metodologi penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif dengan teknik analisis data kualitatif, dimana data-data yang sudah diperoleh melalui dokumentasi dan pengumpulan data lainnya diolah dan dianalisis kemudian diukur efektivitas penagihan dengan surat paksa yang dilakukan di KPP Pratama Jakarta Pademangan. Kesimpulan yang dapat ditarik yaitu efektivitas penagihan pajak dengan surat paksa pada tahun 2011 sebesar 83.85%, tahun 2012 efektivitasnya sebesar 64.19%, pada tahun 2013 efektivitasnya sebesar 27.37%, pada tahun 2014 efektivitasnya sebesar 29.26% dan tahun 2015 efektivitasnya sebesar 21.19%, penagihan pajak dengan surat paksa dari tahun 2011 sampai tahun 2015 tergolong tidak efektif karena WP tidak mampu melunasi utang pajaknya serta tidak memungkinkan jika dibayar sekaligus sehingga mengajukan keberatan atas utang pajaknya. Saran penulis adalah memberikan penyuluhan untuk beralih menggunakan aplikasi e-SPT agar dapat mengurangi tingkat kesalahan dalam menghitung PPN sehingga tidak terjadi kurang bayar, bekerja sama dengan kantor wilayah DJP Jakarta Utara serta badan pendidikan dan pelatihan keuangan kementrian keuangan untuk mengadakan diklat jurusita pajak yang baru, memberikan angsuran pembayaran tunggakan PPN secara berkala kepada WP yang mengalami kesulitan dalam melunasi utang pajaknya agar WP dapat melunasi utang pajaknya dan PPN yang tertunggak dapat tertagih.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: SOCIAL SCIENCES > Public finance > Revenue. Taxation. Internal revenue > Income tax
Divisions: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS > Akuntansi
Depositing User: Ms Yenny Novalita Gultom
Date Deposited: 09 Oct 2018 04:04
Last Modified: 09 Oct 2018 04:04
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

View Item View Item