Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru dengan Peningkatan Mutu Sekolah di Yayasan Santo Yakobus Kelapa Gading Jakarta Utara

Lamak, Maria Fatima Uto and Tampubolon, Hotner (2015) Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru dengan Peningkatan Mutu Sekolah di Yayasan Santo Yakobus Kelapa Gading Jakarta Utara. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4 (1). pp. 59-71. ISSN 2301 5594

[img] Text
HUBUNGANKEPEMIMPINANKEPALASEKOLAHDANKINERJAGURU.pdf

Download (97kB)
[img] Text (Peer_Review)
PeerReviewHubunganKepemimpinanJakartaUtara.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/index

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, dengan peningkatan mutu sekolahdi Yayasan Santo Yakobus Kelapa Gading Jakarta Utara. Permasalahannya adalah apakah ada hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama dengan peningkatan mutu sekolah di SD, SMP, SMA Yayasan Santo Yakobus Kelapa Gading Jakarta Utara. Populasi dalam penelitian adalah keseluruhan guru SD, SMP dan SMA di Yayasan Santo Yakobus Kelapa Gading Jakarta Utara berjumlah 80 orang. Jumlah sampel sebanyak 66 orang dengan teknik simple random sampling. Metode penelitian survei dengan pendekatan korelasional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Likert. Pengujian hipotesis digunakan uji korelasi dan regresi. Hasil pengujiannya adalah untuk hipotesis 1, di peroleh koefisien determinasi sebesar 0,277, artinya bahwa setiap ada peningkatan pada kepemimpinan kepala sekolah memengaruhi peningkatan mutu sekolah sebesar 27.7%. Hipotesis 2, di perolehkoefisien determinasi 0,359, artinya bahwa setiap ada peningkatan kinerja guru memengaruhi peningkatan mutu sekolah sebesar 35,9%. Hipotesis 3, diperoleh koefisien determinasi 0,553, artinya bahwa setiap ada peningkatan pada kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama memengaruhi peningkatan mutu sekolah sebesar 55,3%. Hasil penelitian (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antarakepemimpinan kepala sekolah dengan peningkatan mutu sekolah, (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antarakinerja guru dengan peningkatan mutu sekolah, (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antarakepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama sama dengan peningkatan mutu sekolah. Kesimpulan penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru harus terus menerus ditingkatkan agar mutu sekolah di Yayasan Santo Yakobus Kelapa Gading Jakara Utara selalu meningkat seiring dengan perkembangan dunia pendidikan. Kata Kunci: Kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, mutu sekolah

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION > Theory and practice of education > School administration and organization
EDUCATION > Theory and practice of education > School administration and organization > School management and discipline
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 12 Oct 2020 05:41
Last Modified: 13 Oct 2020 06:07
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/2664

Actions (login required)

View Item View Item