PENGARUH AGENCY COST DAN INVENTORY TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2015

Aprianti, Tiara (2017) PENGARUH AGENCY COST DAN INVENTORY TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2015. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img]
Preview
Text (Cover_Daftar Isi_Abstrak)
Cover_Daftar Isi_Abstrak.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Agency Cost, dan Inventory secara parsial terhadap kebijakan dividen pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015? Serta bagaimana pengaruh Agency Cost, dan Inventory secara simultan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Agency Cost, dan Inventory secara parsial terhadap kebijakan dividen pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015 dan untuk mengetahui pengaruh Agency Cost, dan Inventory secara simultan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu yang digunakan penulis, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 6 perusahaan berdasarkan sektor (1 sektor 1 perusahaan) di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Sumber data yang digunakan berasal dari laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan periode 2011-2015. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda, serta uji goodness of fit. Hasil uji t diperoleh nilai signifikan Agency Cost yang diukur dengan Managerial Ownership lebih kecil dari tingkat signifikan yang ditentukan (0,006<0,05), hal ini menunjukkan bahwa Managerial Ownership berpengaruh terhadap kebijakan dividen yang diukur dengan Dividend Payout Ratio. Nilai signifikan Inventory yang diukur Inventory Turnover memiliki nilai signifikan lebih kecil dari tingkat signifikan yang ditentukan (0,030<0,05), sehingga Inventory Turnover berpengaruh terhadap kebijakan dividen yang diukur dengan Dividend Payout Ratio. Hasil uji F diperoleh nilai signifikan lebih kecil dari tingkat signifikan yang ditentukan (0,010<0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa Agency Cost yang diukur dengan Managerial Ownership dan Inventory yang diukur dengan Inventory Turnover secara simultan berpengaruh terhadap kebijakan dividen yang diukur dengan Dividend Payout Ratio pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R²) memiliki nilai sebesar 0,238 atau 23,8%. Hal ini berarti varians kebijakan dividen yang diukur dengan Dividend Payout Ratio yang dapat dijelaskan oleh varians Agency Cost yang diukur dengan Managerial Ownership dan Inventory yang diukur dengan Inventory Turnover dapat menjelaskan kebijakan dividen yang diukur dengan Dividend Payout Ratio sebesar 23,8%,sedangkan sisanya yaitu 0,762 atau 76,2 % dijelaskan oleh faktor faktor lain selain yang diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: SOCIAL SCIENCES > Finance
Divisions: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS > Manajemen
Depositing User: Ms Yenny Novalita Gultom
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:04
Last Modified: 08 Oct 2018 07:04
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item View Item