Perbandingan Hasil Belajar Kimia Siswa yang Diajar dengan Model Think Pair Share (TPS) dan Number Head Together (NHT) di SMA Kasih Depok

Sinurat, Rosanni and Simatupang, Nova Irawati (2019) Perbandingan Hasil Belajar Kimia Siswa yang Diajar dengan Model Think Pair Share (TPS) dan Number Head Together (NHT) di SMA Kasih Depok. Indonesian Journal of Chemistry Education, 1 (1). pp. 30-37.

[img] Text
DokumenIJCE1019.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Reviewer)
PeerReviewIJCE1019.pdf

Download (417kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model think pair share (TPS) dan number head together (NHT) hasil belajar di SMA Kasih Depok Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Kasih semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 53 siswa yang ditentukan dengan purposive sampling, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas ekperimen 1 menggunakan model think pair share (TPS) sebanyak 26 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran number head together (NHT) sebanya 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instume tes soal pilihan berganda sejumlah 20 soal. Uji persayaratan analisis menunjukkan data terdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan uji parametrik menggunakan one way anova. Hal analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model think pair share (TPS) dan number head together (NHT) yang diperoleh dengan hasil analisa F hitung > F tabel (9,83 > 4,02).

Item Type: Article
Subjects: SCIENCE > Chemistry
Depositing User: Mr. Admin Repository
Date Deposited: 04 Sep 2020 15:56
Last Modified: 04 Sep 2020 15:56
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/2586

Actions (login required)

View Item View Item