Analisis Endorsement Influencer Dalam Mendorong Perilaku Impulsive Buying (Studi Pada Remaja Perempuan Pengikut Instagram @tasyafarasya)

Sianturi, Grace Angelita Putri (2025) Analisis Endorsement Influencer Dalam Mendorong Perilaku Impulsive Buying (Studi Pada Remaja Perempuan Pengikut Instagram @tasyafarasya). S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiranAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Bab_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (943kB)
[img] Text (Bab_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (840kB)
[img] Text (Bab_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (827kB)
[img] Text (Bab_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (629kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (676kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Media sosial instagram sebagai platform berbasis visual, sangat diminati oleh remaja perempuan berusia 17 hingga 23 tahun kini menjadi salah satu saluran utama dalam strategi pemasaran modern, termasuk melalui praktik endorsement oleh influencer. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis endorsement influencer dalam mendorong perilaku impulsive buying, dengan fokus pada konten yang diunggah oleh akun instagram @tasyafarasya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap lima informan yang merupakan pengikut aktif akun tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas influencer, gaya komunikasi yang persuasif, dan narasi yang relatable berkontribusi dalam membentuk kepercayaan audiens terhadap produk yang diulas, sehingga mendorong pembelian spontan. Temuan baru dalam penelitian ini mengungkap bahwa faktor eksternal seperti penawaran khusus, diskon besar, dan flash sale justru menjadi pemicu utama dalam perilaku impulsive buying. Faktor-faktor tersebut menciptakan persepsi urgensi dan kelangkaan, yang memperkuat dorongan untuk membeli meskipun tanpa kebutuhan sebelumnya. Dengan demikian, kombinasi antara kepercayaan terhadap influencer dan daya tarik eksternal terbukti efektif dalam mendorong perilaku konsumtif secara impulsif pada remaja perempuan yang responsif terhadap konten digital. Kata kunci: Endorsement, Impulsive Buying, Influencer Tasya Farasya, Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSimatupang, Sunengsih0308096504sunengsihsimatupang65@gmail.com
Subjects: TECHNOLOGY > Technology (General) > Communication of technical information
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ms Grace Angelita Putri Sianturi
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:34
Last Modified: 24 Jul 2025 02:34
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/19910

Actions (login required)

View Item View Item