Gaya Hidup Hedonisme Sebagai Representasi Identitas Diri Generasi Z di Media Sosial (Studi Pada Pengguna Instagram di Jakarta Timur)

Siahaan, Meri Marsia Taruli (2025) Gaya Hidup Hedonisme Sebagai Representasi Identitas Diri Generasi Z di Media Sosial (Studi Pada Pengguna Instagram di Jakarta Timur). S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Singkatan_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarSingkatanDaftarLampiranAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Bab_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (949kB)
[img] Text (Bab_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (787kB)
[img] Text (Bab_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Bab_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (453kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (678kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Gaya hidup hedonisme yang direpresentasikan melalui media sosial Instagram merupakan bentuk ekspresi diri yang dikonstruksi secara selektif oleh pengguna. Dalam konteks ini, Instagram tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk berbagi momen, tetapi juga sebagai ruang representasi identitas diri yang dekat dengan makna simbolik dan nilai status. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan fenomena gaya hidup hedonisme sebagai representasi identitas diri Generasi Z pengguna media sosial Instagram di Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dengan lima informan Generasi Z yang aktif menggunakan Instagram serta observasi terhadap akun Instagram pribadi milik informan. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Identitas oleh Manuel Castells dan Teori Konsumtif oleh Erich Fromm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup hedonisme yang diunggah oleh informan di Instagram, menjadi salah satu cara bagi Generasi Z untuk merepresentasikan identitas diri mereka di ranah digital. Unggahan mengenai barang-barang bermerek, melakukan aktivitas di tempat eksklusif, dan gaya hidup yang aesthetic merupakan bentuk simbolik dari status sosial dan eksistensi diri. Tetapi, dentitas yang ditampilkan bukanlah refleksi utuh dari kehidupan nyata, melainkan versi ideal diri yang dikonstruksi sesuai dengan ekspektasi sosial. Fenomena ini juga tidak lepas dari tekanan sosial, budaya validasi digital, dan kecenderungan fear of missing out (FOMO) yang memengaruhi gaya hidup hedonisme Generasi Z di media sosial. Kata Kunci: Hedonisme, Identitas Diri, Generasi Z, Instagram

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSimatupang, Sunengsih0308096504sunengsihsimatupang65@gmail.com
Subjects: TECHNOLOGY > Technology (General) > Communication of technical information
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ms Meri Marsia Taruli Siahaan
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:58
Last Modified: 21 Jul 2025 07:58
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/19713

Actions (login required)

View Item View Item