VICKY, VICKY (2025) ANALISIS KESALAHAN PENULISAN HANZI SISWA KELAS XI SMA 3 PSKD. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
![]() |
Text (Hal_Judul_Daftar_isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Daftar_lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarisiDaftarGambarDaftarTabelDaftarlampiranAbstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (742kB) |
![]() |
Text (BAB_I)
BABI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (439kB) |
![]() |
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (985kB) |
![]() |
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (400kB) |
![]() |
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (343kB) |
![]() |
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (269kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penulisan hanzi yang dilakukan oleh siswa kelas XI SMA 3 PSKD. Fokus penelitian terletak pada kesalahan jenis guratan berdasarkan teori Yang (2014), yang dikelompokkan menjadi empat kategori: K1 (kesalahan urutan guratan), K2 (kesalahan arah guratan), K3 (kekurangan guratan), dan K4 (kelebihan guratan). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes tulis, dokumentasi video proses menulis, dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan terbanyak adalah K1 (73 kali), disusul K2 (72 kali), K3 (8 kali), dan K4 (2 kali). hanzi yang paling sulit ditulis dengan benar adalah 游 dan 睡, masing-masing hanya ditulis dengan benar oleh satu siswa. hanzi dengan tingkat kesalahan sedang adalah 泳, dan yang paling mudah adalah 觉. Dalam tes penulisan urutan guratan, 游 menempati urutan tertinggi dengan tingkat kesalahan 90%. Dalam tes bentuk guratan (笔画), kesalahan bentuk paling dominan (27 kali atau 22%). Hasil angket menunjukkan bahwa secara umum siswa tidak mengalami kesulitan besar dalam menulis hanzi berdasarkan skor rata-rata kategori baik pada aspek kesulitan hanzi (61%), materi dan bahan ajar (51%), strategi belajar (62%), dan pengajaran guru (82%). Namun, temuan juga menunjukkan bahwa siswa masih memiliki keterbatasan dalam memahami urutan dan bentuk guratan serta kurangnya pengulangan materi, yang turut berkontribusi terhadap tingginya tingkat kesalahan penulisan hanzi./The results show that the most frequent error was K1 (73 times), followed by K2 (72), K3 (8), and K4 (2). The most difficult Hanzi to write correctly were 游 and 睡, with only one student writing them correctly. 泳 was moderately difficult, while 觉 was the easiest. In the stroke order test (笔顺), 游 had the highest error rate at 90%. In the stroke form test (笔画), the most dominant error was incorrect stroke shape (27 times or 22%). Questionnaire results indicate that students generally did not face significant difficulties in writing Hanzi, as shown by the average scores in the "good" category across aspects of writing difficulty (61%), teaching materials (51%), learning strategies (62%), and teacher instruction (82%). However, findings also reveal students’ lack of understanding of stroke order and form, limited confidence, and insufficient review habits—all contributing to the high rate of Hanzi writing errors.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | EDUCATION | ||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Mandarin | ||||||||||||
Depositing User: | Mr Vicky Vicky | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2025 06:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Aug 2025 06:13 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/19040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |