Manusia sebagai subjek dalam merdeka belajar: Interpretasi atas revolusi kopernikan Immanuel Kant

Boiliu, Noh Ibrahim and Chandra, Robby Igusti and Rantung, Djoys Anneke (2022) Manusia sebagai subjek dalam merdeka belajar: Interpretasi atas revolusi kopernikan Immanuel Kant. KURIOS, 8 (2). pp. 400-410. ISSN 2614-3135

[img] Text
ManusiasebagaiSubjekdalamMerdeka.pdf

Download (591kB)
[img] Text (HasilTurnitin)
HasilTurnitinManusiasebagaiSubjek.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios/ind...

Abstract

Merdeka belajar memberikan tantangan dan kesempatan bagi guru untuk mengembangkan kreativitas, kapasitas, kepribadian dan kebutuhan siswa, karena mereka menjadi faktor utama dalam desaian kegiatan pembela�jaran. Untuk memahami dengan lebih baik siswa sebagai subjek utama dalam Merdeka belajar maka konsep revolusi kopernikan Kant ditafsirkan. Semula, terdapat asumsi pemahaman atas realitas bahwa subjek mengarahkan diri pada objek. Asumsi ini terus bergulir hingga Kant mengajukan argumentasi yang bertolak belakang dengan asumsi tersebut, yakni objek mengarahkan diri pada subjek. Implikasi revolusi ini mengena berbagai disiplin ilmu baik secara metodologis maupun praktis. Artikel ini bertujuan untuk menesuluri pemaha�man berdasarkan revolusi kopernikan Kant dalam kaitannya atas praktik pendidikan di Indonesia, yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Fokus penelusuran adalah apakah revolusi kopernikan Kant berfokus pada subjek (siswa) sebagai pusat pendidikan dan apakah hal ini memberikan kerangka filosofis konstruktivistis bagi filsafat pendidikan dan dalam konteks Indonesia, sebagai dasar filosofis bagi MBKM dalam Pendidikan Agama Kristen? Hasil penelitian menunjukkan revolusi kopernikan Kant membe-rikan kerangka kerja filosofis bagi pendidikan (filsafat pendidikan) di Indonesia bahwa dalam praktiknya subjek (siswa) adalah subjek otonom yang bebas untuk mempelajari apa yang penting baginya, baik di tingkat dasar, menengah, hingga perguruan tinggi, sehingga salah satu metode yang efektif digunakan adalah experiential learning / Independent learning (Merdeka Belajar) provides challenges and opportunities for teachers to develop creativity, capacity, personality, and student needs because they become the main factor in the design of learning activities. To better understand the students as a major in independent learning, Kant's Cognitive Revolution concept of the subject. Initially, philosophers based the assumption of understanding on the reality that the subject directs himself to the object. This assumption continues until Kant proposes an argument that contradicts this assumption, namely that the object directs itself to the subject. Kant's arguments are known through the critique of pure reason, the critique of practical reason, and the critique of judgment. Kant's Copernican revolution had philosophical implications for many methodological and practical disciplines. This article aims to provide an explanation based on Kant's cooperative revolu�tion on educational practices in Indonesia, namely Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), then whether Kant's suitcase revolution focuses on the sub�ject (students) as a center of education and whether Kant's cooperative revolu�tion provides a constructivist philosophical framework for the philosophy of education and in the Indonesian context, as a philosophical basis for MBKM (application in Christian education). Kant's Copernican revolution provides a philosophical framework for education (philosophy of education) that in practice the subject (student) is an autonomous subject who is free to study what is important to him, both at the elementary, secondary, and tertiary levels.

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Theory and practice of education
EDUCATION > Theory and practice of education > Educational psychology
Depositing User: Mr A Evan Harso Kristanto
Date Deposited: 04 Mar 2025 07:17
Last Modified: 04 Mar 2025 07:17
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18477

Actions (login required)

View Item View Item