PENGARUH KESIAPAN (READINESS) BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 180 JAKARTA TIMUR

Sinaga, Marcelinus (2015) PENGARUH KESIAPAN (READINESS) BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 180 JAKARTA TIMUR. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Cover_Daftar Isi_Abstrak)
Cover_Daftar Isi_Abstrak.pdf

Download (202kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan “Apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kesiapan (readiness) belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa”? Penelitian ini dilaksanakan di SMP negeri 180 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan random sampling (sampel acak sederhana). Metode yang digunakan adalah metode penelitian Ex Pos Facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 32 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling dengan acak kelas. Variabel penelitian sebanyak 2 terdiri dari Kesiapan (readiness) belajar siswa (X), dan hasil belajar matematika (Y). Untuk mendapatkan data variabel (X) disusun seperangkat instrumen yang terdiri atas angket yang telah valid dan reliabel. Perhitungan angket dilakukan dengan skala likert. Data variabel (Y) diperoleh dari dokumen nilai rapor siswa kelas IX (Sembilan) semester 1 (ganjil). Dari 40 butir pernyataan untuk variabel (X) , ada 33 butir pernyataan yang valid dan reliabel apabila rhitung > rtabel. Dari hasil perhitungan diperoleh Lhitung untuk (Y) sebesar 0,117, Lhitung untuk (X) sebesar 0,095, dimana Ltabel = 0,156 pada α = 0,05 dan n = 32, karena Lhitung < Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa semua data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Analisis regresi (X) terhadap (Y) didapat regresi bersifat linear karena Fhitung = 0,52 < Ftabel = 2,77 dan bersifat berarti karena Fhitung = 42,91 > Ftabel = 4,16. Korelasi antara (X) dengan (Y) rxy = 0,762 dan KD sebesar 58,07% pada α = 0,05, dengan demikian hipotesis penelitian diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kesiapan (readiness) belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX (Sembilan) di SMP Negeri 180 Jakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: EDUCATION
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Yenny Novalita Gultom
Date Deposited: 14 Sep 2018 09:04
Last Modified: 14 Sep 2018 09:04
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item View Item