Analisis Bauran Komunikasi Pemasaran pada Kedai Kopi Kaizen Heritage Jakarta dalam Mendorong Brand Awareness pada Konsumen

Napitupulu, Billiam Binsar Madapan (2024) Analisis Bauran Komunikasi Pemasaran pada Kedai Kopi Kaizen Heritage Jakarta dalam Mendorong Brand Awareness pada Konsumen. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarGambarDaftarTabelDaftarLimpiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (869kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (746kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (845kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (276kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPusataka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (368kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (877kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bauran komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Kedai Kopi Kaizen Heritage di Jakarta dalam mendorong brand awareness pada konsumen. Penelitian ini penting karena Kaizen Heritage, yang didirikan pada Agustus 2020 di tengah pandemi COVID-19, berhasil bertahan dan berkembang hingga memiliki lima cabang di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis teks, yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kaizen Heritage menerapkan berbagai strategi komunikasi pemasaran berjalan dengan baik. Promosi penjualan, acara-acara yang melibatkan konsumen, serta hubungan masyarakat yang baik. Upaya pemasaran yang telah dilakukan manajemen Kaizen ini antara lain membuat media sosial yaitu Instagram yang terintegrasi satu dengan cabang yang lain untuk mempromosikan semua produk dan aktivitas kegiatan yang dilakukan Media sosial, khususnya Instagram, digunakan untuk mempromosikan produk dan aktivitas kedai , dengan mengundang artis lokal sebagai hiburan untuk menarik pelanggan. Kaizen juga memanfaatkan influencer dan food vlogger untuk mendorong brand awareness. Selain itu, Kaizen Heritage rutin mengadakan kegiatan interaktif seperti polling di Instagram, tebak skor, dan event. Bauran komunikasi pemasaran langsung juga diterapkan melalui penjualan produk secara langsung dan online serta word of mouth marketing. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bauran komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Kaizen Heritage berperan penting dalam mendukung pertumbuhan bisnis. Brand awareness Kaizen Coffee cukup baik, terlihat dari jumlah pelanggan yang banyak dan rekomendasi dari konsumen satu ke konsumen yang lain. Penelitian menunjukkan bahwa Kaizen Heritage berhasil mencapai tahap top of mind melalui strategi media sosial yang kuat dan interaksi yang konsisten dengan pelanggan mereka. Kata Kunci: Bauran komunikasi pemasaran, brand awareness, kedai kopi Kaizen Heritage. / This research aims to analyze the marketing communication mix implemented by the Kaizen Heritage Coffee Shop in Jakarta in encouraging brand awareness among consumers. This research is important because Kaizen Heritage, which was founded in August 2020 in the midst of the COVID-19 pandemic, has managed to survive and grow to have five branches in Jakarta. The research method used is a qualitative method with a text analysis approach, which involves observation, interviews and documentation. The research results show that Kaizen Heritage implements various marketing communication strategies and works well. Sales promotions, events involving consumers, and good public relations. Marketing efforts that have been carried out by Kaizen management include creating social media, namely Instagram, which is integrated with one other branch to promote all products and activities carried out. Social media, especially Instagram, is used to promote shop products and activities, by inviting local artists as entertainment to attract customers. Kaizen also utilizes influencers and food vloggers to drive brand awareness. Apart from that, Kaizen Heritage regularly holds interactive activities such as polls on Instagram, guessing scores, and events. The direct marketing communication mix is also implemented through direct and online product sales as well as word of mouth marketing. This research concludes that the marketing communications mix implemented by Kaizen Heritage plays an important role in supporting business growth. Kaizen Coffee's brand awareness is quite good, as seen from the large number of customers and recommendations from one consumer to another. Research shows that Kaizen Heritage managed to reach the top of mind stage through a strong social media strategy and consistent interactions with their customers. Keywords: Marketing communications mix, brand awareness, Kaizen Heritage coffee shop."

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorVida, Helen DianaNIDN0321058203helen.diana@uki.ac.id
Subjects: TECHNOLOGY > Technology (General) > Communication of technical information
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 5347 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2024 05:40
Last Modified: 29 Aug 2024 08:52
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/16329

Actions (login required)

View Item View Item