Pasaribu, Chatrine (2024) Kualitas Hubungan antar Generasi-Z Pengguna Akun Pseudonim Melalui Pengungkapan Diri di Media Sosial X. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarGambarDaftarLampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (897kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (737kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (720kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (253kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (381kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji kualitas hubungan antar Generasi-Z pengguna akun pseudonim di media sosial Twitter melalui pengungkapan diri. Anonimitas yang diberikan oleh akun pseudonim memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengungkapan diri tanpa harus takut dihakimi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas hubungan antar Generasi-Z pengguna akun pseudonim melalui pengungkapan diri di X. Penelitian ini menggunakan teori Johari Window untuk membantu memahami sejauh mana penggunaan akun pseudonim berperan dalam aspek pengungkapan diri melalui daerah terbuka, daerah tersembunyi, daerah buta, dan daerah tidak diketahui serta perannya terhadap kualitas hubungan antar Generasi-Z pengguna akun pseudonim di media sosial X. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini guna memahami secara mendalam mengenai pengalaman informan melalui pengungkapan diri pada akun pseudonim di media sosial X. Peneliti menggunakan teknik analisis tematik dalam mengidentifikasi berbagai tema yang muncul dari hasil wawancara semi-terstruktur via online dengan para informan, yaitu Generasi-Z pengguna akun di media sosial X. Melalui data dari hasil wawancara, penulis akan menyusun hasil dalam bentuk coding. Coding merupakan proses mengatur data yang mentah ke dalam berbagai teori konseptual dengan menggunakan tema atau konsep. Teknik analisis data yang digunakan oleh penulis dalam mengolah data dari hasil wawancara adalah dengan menggunakan teknik open coding. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan diri melalui akun pseudonim menciptakan lingkungan aman yang mendukung, meningkatkan rasa saling percaya, serta memberikan dukungan emosional dan psikologis melalui interaksi yang intens yang dijalani oleh sesama pengguna akun pseudonim dalam pengungkapan diri. Interaksi intens antar pengguna akun pseudonim menghasilkan kepercayaan yang menunjukkan ualitas hubungan yang baik dan positif dapat dijanalkan oleh Generasi-Z di media sosial X. Dapat disimpulkan bahwa individu mampu mengungkapkan diri mereka melalui interaksi yang dijalin dari pengungkapan diri menggunakan akun pseudonim di media sosial X yang juga membantu kesejahteraan emosional serta psikologis Generasi-Z. / This study examines the quality of relationships between Generation-Z users of pseudonymous accounts on social media Twitter through self-disclosure. The anonymity provided by pseudonymous accounts allows users to self-disclose without fear of judgment. The purpose of this study is to determine the quality of relationships between Generation-Z users of pseudonymous accounts through selfdisclosure in X. This study uses the Johari Window theory to help understand the extent to which the use of pseudonymous accounts plays a role in aspects of selfdisclosure through open areas, hidden areas, blind areas, and unknown areas and its role in the quality of relationships between Generation-Z pseudonymous account users on social media X. Qualitative method was used in this study to deeply understand the informants' experiences through self-disclosure on pseudonymous accounts on X social media. The researcher used thematic analysis techniques in identifying various themes that emerged from the results of semi-structured interviews via online with informants, namely Generation-Z account users on social media X. Through the data from the interviews, the author will organize the results in the form of coding. Coding is the process of organizing raw data into various conceptual theories using themes or concepts. The data analysis technique used by the author in processing data from the interview results is to use open coding techniques. The results of this study show that self-disclosure through pseudonymous accounts creates a supportive safe environment, increases mutual trust, and provides emotional and psychological support through intense interactions undertaken by fellow pseudonymous account users in self-disclosure. Intense interactions between pseudonymous account users generate trust that shows the quality of good and positive relationships can be anchored by Generation-Z on social media X. It can be concluded that individuals are able to reveal themselves through interactions established from self-disclosure using pseudonymous accounts on social media X which also helps the emotional and psychological well-being of Generation-Z.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | TECHNOLOGY > Technology (General) > Communication of technical information | ||||||||
Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | Users 5360 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2024 05:41 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2024 05:41 | ||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/16306 |
Actions (login required)
View Item |