Sipahutar, Sari Trisnawati (2014) Pengaruh Kompetensi Guru PAK terhadap Prestasi Belajar Siswa Beragama Kristen di SMA Negeri 103 Jakarta Timur. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarisiAbstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (423kB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (188kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (200kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (385kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (378kB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (88kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (84kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (502kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang Pengaruh Kompetensi Guru PAK Terhadap Prestasi Belajar Siswa Beragama Kristen di SMA Negeri 103 Jakarta Timur. Kompetensi Guru PAK adalah kemampuan guru dalam melaksanakan tugastugasnya sebagai agen pembelajaran, dengan memiliki pengetahuan yang luas serta kewenangan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan berkualitas dan bertanggung jawab, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Jadi seorang guru PAK mempunyai tugas dan tanggung jawab dan dituntut untuk memiliki keterampilan dalam menyelami seluruh materi pelajaran PAK. Dan guru sebagai pendidik memiliki pengaruh yang sangat besar untuk menentukan berhasil atau tidaknya siswa dalam meningkatkan kualitas akademiknya sebagai pembelajar. Prestasi belajar siswa adalah hasil belajar yang memperoleh perubahan tingkah laku yang berwujud perubahan ilmu pengetahuan, sikap, dan nilai yang dapat diukur secara aktual sebagai hasil dari proses belajar yaitu dalam bentuk total skor berupa hasil ulangan bulanan, nilai rapor, predikat keberhasilan, angka kelulusan, dan semacamnya. Jadi prestasi adalah hasil usaha siswa selama masa tertentu setelah mengerjakan dan menguasai bahan pelajaran yang disajikan kepada mereka. Maka menurut penulis salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah kompetensi guru Pendidikan Agama Kristen (PAK). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 103 Jakarta Timur pada bulan Mei sampai bulan Juni 2014. Populasi penelitian ini adalah siswa yang beragama Kristen semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Populasi sebanyak 40 siswa. Dari populasi tersebut diambil secara random sampling sebanyak 10 orang sebagai sampel uji coba instrumen, dan sampel penelitian sebanyak 30 siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode survey yaitu berbentuk korelasi atau pengaruh antara variabel yang diteliti ini. Penulis mengadakan penelitian ini dengan tujuan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang pengaruh kompetensi guru PAK terhadap prestasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh positif antara kompetensi guru PAK terhadap prestasi belajar siswa beragama Kristen di SMA Negeri 103 JakartaTimur. Pengolahan hasil penelitian pada bab analisis ini berupa data mentah yang selanjutnya menggunakan fasilitas program Microsoft Excel dan program SPSS 17.0 kemudian hipotesis di uji menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis dari kedua variable tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan Signifikan antara Kompetensi Guru PAK terhadap Prestasi Belajar Siswa Beragama Kristen di SMA Negeri 103 JakartaTimur. Dengan kata lain bahwa Ho diterima dan Ha ditolak dengan koefisien korelasi rxy sebesar 0,409, menunjukkan bahwa korelasi variabel Kompetensi Guru PAK (X) dengan Prestasi Belajar Siswa (Y) adalah cukup kuat. Selain itu diperoleh koefisien determinasi (rxysquere) sebesar 0,167 atau 16,7%, selebihnya di sebabkan oleh faktor lain, seperti pelaku pendidik yakni pemerintah, kepala sekolah, guru, media pembelajaran, fasilitas pembelajaran, keluarga dan masyarakat. Hubungan antara kedua variabel ditunjukkan melalui persamaan garis regresi liniernya adalah Ŷ = 53.315 + 0,380 X, yang artinya bahwa semakin guru berkompetensi, maka prestasi belajar siswa semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | EDUCATION | ||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Agama Kristen | ||||||||||||
Depositing User: | Mr Andika Prima | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:07 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:07 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/15990 |
Actions (login required)
View Item |