Peranan Media Sosial dalam Menginformasikan Pariwisata Halmahera Barat (Studi pada Dinas Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga)

Sowo, Christania (2023) Peranan Media Sosial dalam Menginformasikan Pariwisata Halmahera Barat (Studi pada Dinas Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga). S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarisiDaftarGambarDaftarTabelDaftarlampiranAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text (BAB_I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (311kB)
[img] Text (BAB_II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (719kB)
[img] Text (BAB_III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (509kB)
[img] Text (BAB_IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (283kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (382kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (841kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Dinas Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Halmahera Barat yang memanfaatkan media sosial sebagai wadah penyebaran informasi mengenai destinasi wisata di Halmahera Barat, diantaranya wisata Pantai Lapasi, pantai Rappa Pelangi, Pulau Babua, Pulau Fastofiri, Hutan Bakau Gamtala, Gunung Gamkonora, Air Terjun Kahatola, Wisata Bawah Laut Pulau Babua, Event Festival Teluk Jailolo dan lain-lain. Merujuk pada media baru yaitu media sosial dalam cara penyampaian informasi yang disajikan melalui online di internet. Selain mempermudah berkomunikasi dan bertukar informasi, media sosial dipakai sebagai platform mengenai informasi promosi pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari platform media sosial sebagai tempat dalam menginformasikan destinasi pariwisata yang bertempat di Halmahera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan interpretasi deskriptif berupa kata-kata, gambar, dan deskripsi. Informan penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dimana peneliti melakukan pemilihan dan pengambilan keputusan berdasarkan latar belakang yang sesuai dengan judul penelitian. Konseptualisasi komunikasi ini berdasarkan pada penjelasan dari Yusuf (2021) yang membagi konsep menjadi tiga bagian yaitu komunikasi sebagai tindakan satu arah, komunikasi sebagai interaksi, dan komunikasi sebagai transaksi. Teori new media yang menjelaskan mengenai penggunaan media sosial. Istilah lain dari media baru yaitu digitalisasi, interaktivitas, hipertekstual, penyebaran, dan virtualitas. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa kehadiran media sosial berdampak bagi pengenalan konten-konten informatif mengenai pariwisata di Halmahera Barat, diantaranya menarik banyak wisatawan yang berkunjung, berkembangnya tempat-tempat pariwisata, dan masuknya salah satu destinasi pariwisata sebagai Anugerah Desa Wisata Indonesia. keefektifan media sosial dalam penyebaran informasi secara instan dipakai untuk menjaring promosi. jangakuannya yang luas dimanfaatkan oleh Dinas Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Halmahera Barat untuk mengenalkan pariwisata daerah. Hadirnya media sosial juga membentuk adanya ruang publik dan konektivitas. / This research focuses on the West Halmahera Tourism and Youth Sports Department which uses social media as a forum for disseminating information about tourist destinations in West Halmahera, including Lapasi Beach, Rappa Pelangi Beach, Babua Island, Fastofiri Island, Gamtala Mangrove Forest, Mount Gamkonora, Waterfall. Kahatola, Babua Island Underwater Tour, Jailolo Bay Festival Event and others. Refers to new media, namely social media, in the way of delivering information that is presented online on the internet. Apart from making it easier to communicate and exchange information, social media is used as a platform for tourism promotion information. The aim of this research is to determine the role of social media platforms as a place to provide information about tourism destinations in West Halmahera. This research uses a qualitative approach, with descriptive interpretation in the form of words, images and descriptions. Informants for this research were selected using a purposive sampling technique where the researcher selected and made decisions based on background that matched the title of the research. This conceptualization of communication is based on the explanation from Yusuf (2021) which divides the concept into three parts, namely communication as one-way action, communication as interaction, and communication as transaction. New media theory which explains the use of social media. Other terms for new media are digitalization, interactivity, hypertextual, distribution and virtuality. The results of the research findings show that the presence of social media has an impact on the introduction of informative content regarding tourism in West Halmahera, including attracting many tourists to visit, the development of tourist attractions, and the inclusion of one of the tourism destinations as an Indonesian Tourism Village Award. The effectiveness of social media in disseminating information instantly is used to generate promotions. Its wide reach is utilized by the West Halmahera Tourism and Youth Sports Department to introduce regional tourism. The presence of social media also creates public space and connectivity.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSimatupang, SunengsihNIDN0308096504sunengsih.simatupang@uki.ac.id
Subjects: POLITICAL SCIENCE
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 5031 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2024 02:45
Last Modified: 05 Jul 2024 03:57
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14965

Actions (login required)

View Item View Item