Strategi Pemasaran Menggunakan Storytelling Cerita Legenda pada Situs Toba Kaldera: Pusuk Buhit Sebagai Tempat Awal Muasal Suku Batak

Kennedy, Posma Sariguna Johnson and Tobing, Suzanna Josephine L. and Toruan, Rutman L. and Simanullang, Ricky Martin (2023) Strategi Pemasaran Menggunakan Storytelling Cerita Legenda pada Situs Toba Kaldera: Pusuk Buhit Sebagai Tempat Awal Muasal Suku Batak. fundamental management journal, 8 (1). pp. 119-127. ISSN 2540-9816

[img] Text
StrategiPemasaranMenggunakanStorytelling.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jm/index

Abstract

Paper ini menjelaskan pentingnya bercerita sebagai strategi pemasaran yang efektif untuk promosi pariwisata. Kisah yang menawan dapat membuat suatu tujuan wisata menjadi hidup dan menarik pengunjung untuk mempelajarinya lebih lanjut. Selain itu, kearifan dan legenda lokal, bagian dari warisan budaya, harus dilestarikan dan digunakan untuk mempromosikan pariwisata. Secara khusus, tulisan ini mengeksplorasi narasi dan legenda Pusuk Buhit, sebuah destinasi di Kaldera Toba UNESCO Global Geopark di Samosir, Sumatera Utara, Indonesia. Metode kualitatif digunakan untuk menginterpretasikan data yang dikumpulkan dari lapangan. Studi ini menyoroti pentingnya melestarikan kearifan dan legenda lokal untuk mempromosikan pariwisata dan melestarikan warisan budaya. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Storytelling, Toba Kaldera, Pusuk Buhit, Suku Batak. / This paper describes the importance of storytelling as an effective marketing strategy for tourism promotion. A captivating story can make a tourist destination come alive and attract visitors to learn more about it. Additionally, local wisdom and legends, part of a culture's heritage, should be preserved and used to promote tourism. Specifically, this paper explores the narratives and legends of Pusuk Buhit, a destination in the Toba Caldera UNESCO Global Geopark in Samosir, North Sumatra, Indonesia. The qualitative method is used to interpret the data collected from the field. The study highlights the importance of preserving local wisdom and legends to promote tourism and preserve cultural heritage. Keywords: Marketing Strategy, Storytelling, Toba Caldera, Pusuk Buhit, Batak Tribe

Item Type: Article
Subjects: SOCIAL SCIENCES
SOCIAL SCIENCES > Commerce
SOCIAL SCIENCES > Personnel management. Employment management
EDUCATION
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:26
Last Modified: 22 Aug 2023 04:26
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/12069

Actions (login required)

View Item View Item