Hubungan antara Motivasi terhadap Prestasi Belajar Pelajaran Bahasa Mandarin Mahasiswa Angkatan ke 9 Tahun Akademik 2013/2014 Xin Ya College Jakarta Barat

Putri, Rahmadani (2014) Hubungan antara Motivasi terhadap Prestasi Belajar Pelajaran Bahasa Mandarin Mahasiswa Angkatan ke 9 Tahun Akademik 2013/2014 Xin Ya College Jakarta Barat. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (603kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (70kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (336kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (198kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (327kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (79kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (593kB)

Abstract

Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang ada atau tidaknya hubungan antara motivasi terhadap prestasi belajar pelajaran bahasa Mandarin mahasiswa angkatan ke 9 tahun akademik 2013/2014 di Xin Ya College Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan di Xin Ya College pada akhir bulan Mei 2014 dengan sampel yang digunakan sebanyak 40 mahasiswa dari Prodi Keguruan Mandarin dan Prodi Bisnis Mandarin yang telah belajar empat mata pelajaran umum bahasa mandarin. Penarikan sampel menggunakan metode simple random sampling atau acak sedehana. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel motivasi (X) dan variabel prestasi belajar pelajaran bahasa Mandarin (Y). Untuk memperoleh data variabel motivasi, peneliti menggunakan instrument penelitian berupa angket atau kuesioner. Penghitungan menggunakan metode skala Likert dengan empat alternatif jawaban yaitu Sangan Setuju (SS), Setuju (S), Tidak Setuju (TS) dan Sangat Tidak Setuju (STS). Pengujian validitas variabel motivasi ini menggunakan SPSS 21. Sedangkan untuk variabel prestasi belajar pelajaran bahasa Mandarin diperoleh dari hasil Indeks Prestasi Semester (IPS) mereka di universitas untuk empat mata pelajaran umum. Dari hasil perhitungan uji validitas didapat bahwa dari 30 butir pernyataan yang terdapat di dalam kuesioner, hanya 26 butir pernyataan yang dinyatakan valid. Pengujian kenormalan data menggunakan tabel Kolmogorov-Smirnov. Perhitungan normalitas variabel motivasi dan variabel prestasi belajar pelajaran bahasa Mandarin diperoleh signifikan (Sig) sebesar 0,200>0,05, sehingga dapat disimpulkan kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Untuk pengujian linearitas antara variable motivasi dengan prestasi belajar pelajaran bahasa Mandarin mahasiswa diperoleh hasil nilai linearity sebesar 0,104>0,05, maka dapat diartikan bahwa hubungan X dengan Y bersifat linier. Pengujian korelasi antara variabel motivasi dengan variabel prestasi belajar pelajaran bahasa Mandarin mahasiswa, diperoleh nilai korelasi sebesar 0,625 atau 62,5% dengan hasil tersebut apabila ditinjau berdasarkan tabel pedoman interpretasi koefisien korelasi menurut Sugiyono, maka hubungan antara kedua variabel ini adalah bernilai positif dan bersifat kuat, dan untuk koefisien determinasinya sebesar 0,391 atau 39,1% yang artinya variabel motivasi (X) mempengaruhi variabel prestasi belajar pelajaran bahasa Mandarin (Y) sebesar 39,1% dan sisanya 60,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDarmo, Roline SUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorGunawan, RonnyUNSPECIFIEDronny.gunawan@uki.ac.id
Subjects: EDUCATION
LANGUAGE AND LITERATURE
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 25 Jul 2023 09:16
Last Modified: 25 Jul 2023 09:16
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/11884

Actions (login required)

View Item View Item