Jehadun, Angela Delviani (2019) Perbandingan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dengan NHT Dipadu Predict, Observe And Explain (POE) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
|
Text
Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran.pdf Download (505kB) | Preview |
|
Text
BAB_I.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
||
Text
BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
Text
BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
||
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
||
Text
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
||
|
Text
Daftar_Pustaka.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Dalam pelaksanaan proses pembelajaran fisika, pemahaman konsep merupakan dasar dan tahapan penting yang dapat membantu siswa meningkatkan hasil belajar. Model pembelajaran NHT adalah satu satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami suatu konsep fisika. Namun, pada tahapan model NHT ini masih belum terdapat tahapan menduga atau memprediksi suatu persoalan fisika yang mana dari kegiatan ini siswa akan terbantu dalam membangun konsep yang benar. Maka dari itu, pada penelitian ini akan dipadukan model pembelajaran NHT dengan model pembelajaran POE. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahama konsep fisika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 71 Jakarta pada semester gasal tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment, teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan desain penelitian yang digunakan adalah two group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda untuk pemahaman konsep sebanyak 16 butir soal. Selanjutnya pengujian prasyarat data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dengan kesimpulan yang diperoleh bahwa data normal dan data homogen. Pada hasil pengujian hipotesis pemahaman konsep fisika dengan menggunakan model pembelajaran NHT dipadu POE lebih tinggi dari pada menggunakan model pembelajaran NHT. Hasil nilai gain untuk model pembelajaran NHT adalah 0,54 pada interpretasi sedang dan nilai gain untuk model NHT dipadu POE adalah 0,66 pada interpretasi sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dipadu predict, observe and explain (POE) lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa. Kata Kunci: NHT, NHT Dipadu POE, Pemahaman Konsep. In the implementation of the physics learning process, understanding concepts is the basis and important stages that can help students improve learning outcomes. The NHT learning model is a learning model that can help students understand a physics concept. However, at this stage of the NHT model there are still no stages of guessing or predicting a physics problem which from this activity students will be helped in developing the correct concepts. Therefore, this research will integrate NHT learning models with POE learning models. The purpose of this study is to improve students' understanding of physics concepts. This research was conducted at 71 Jakarta High School in the odd semester of the 2019/2020 school year. This study uses a quasi-experimental method, the sampling technique is purposive sampling and the research design used is two group pretest-posttest design. The instrument used was a multiple choice test for understanding concepts as many as 16 items. Furthermore, the prerequisite data testing uses the normality test and homogeneity test with the conclusion that the normal data and homogeneous data are obtained. On the results of hypothesis testing, understanding physics concepts using the NHT learning model combined with POE is higher than using the NHT learning model. The results of the gain value for the NHT learning model is 0.54 in the medium interpretation and the gain value for the NHT model combined with the POE is 0.66 in the medium interpretation. Thus it can be concluded that the application of the numbered heads together (NHT) learning model combined with predict, observe and explain (POE) is more effective in improving students' understanding of physics concepts. Keywords: NHT, NHT Integrated POE, Concept Understanding.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | EDUCATION EDUCATION > Theory and practice of education SCIENCE > Physics TECHNOLOGY > Technology (General) > Technical education. Technical schools |
||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Fisika | ||||||||||||
Depositing User: | Ms Sari Mentari Simanjuntak | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2020 04:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2020 04:02 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/1126 |
Actions (login required)
View Item |