Mokalu, Valentino Reykli and Panjaitan, Johanes Kornelius and Boiliu, Noh Ibrahim and Rantung, Djoys Anneke (2022) Hubungan Teori Belajar dengan Teknologi Pendidikan. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4 (1). pp. 1475-1486. ISSN 2656-8071
Text
HubunganTeoriBelajardenganTeknologiPendidikan.pdf Download (504kB) |
|
Text
HasilTurnitinHubunganTeoriBelajardenganTeknologiPendidikan.pdf Download (3MB) |
Abstract
Hadirnya Teknologi dalam kehidupan manusia memeberi warna baru, baik dalam kehidupan sehari-hari, pekerjaan mau pun terhadap dunia pendidikan. Tulisan ini hendak mengkaji hubungan antara teori belajar dengan teknologi pendidikan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kepustakaan. Metode studi kepustakaan di mana peneliti mengumpulkan data yang relevan dengan topik yang sedang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Dampak dari revolusi itu sendiri mempengaruhi dunia pendidikan. 2) Teknologi merupakan elemen dari era revolusi industri yang tidak dapat dihentikan. 3) Teknologi dalam dunia pendidikan memberi wajah baru dari proses pembelajaran yang ada dalam kurikulum dan perangkat pembelajaran yang ada, di mana para pelaku pendidikan berlomba-lomba dan berusaha menciptakan siklus pembelajaran yang bersifat kolaboratif antara teori belajar dengan teknologi berbasis pendidikan. Maka dapat disimpulkan bahwa teori belajar dan teknologi pendidikan memiliki korelasi dalam pengaplikasian pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan murid, karena teori belajar dan teknologi pendidikan adalah satu kesatauan yang diperlukan dalam siklus pembelajaran, sehingga atmosfer dari para peserta didik tetap berfokus pada pembelajaran yang diajarkan oleh guru. Kata Kunci: Teori Belajar, Teknologi Pendidikan, Revolusi Industri / The presence of technology in human life gives a new color both in everyday life, work-life, and the world of education. This paper wants to examine the relationship between learning theory and educational technology by using descriptive qualitative research with a literature study approach. The method used in conducting this research is using a literature study approach where the researcher collects data relevant to the topic being researched. The results of this study indicate that 1) the impact of the revolution itself affects the world of education, 2) technology is an element of the industrial revolution era that cannot be stopped, 3) technology in education gives a new face to the existing learning process in the existing curriculum and learning tools, where educational actors compete and try to create a collaborative learning cycle between learning theory and technology-based education. It can be concluded that learning theory and educational technology correlate with the application of learning carried out by teachers and students, where learning theory and educational technology are necessary units in the learning cycle so that the atmosphere of the students remains focused on the learning taught by the teacher. Keywords: Learning Theory, Educational Technology, Industrial Revolution
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr Alexander Jeremia |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 08:57 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 05:07 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8961 |
Actions (login required)
View Item |