Solaiman, Antie (2018) Membangun Jejaring Lintas Budaya dan Agama untuk Menjaga Kemajemukan. In: Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper : Revitalisasi Indonesia Melalui Identitas Kemajemukan Berdasarkan Pancasila. UKI Press, Pusat Studi Lintas Agama dan Budaya UKI Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UKI Magister Pendidikan Agama Kristen UKI, pp. 160-172. ISBN 978 979 8148 96 5
|
Text
Antie Solaiman.pdf Download (668kB) | Preview |
Abstract
Membangun jejaring lintas agama dan budaya untuk mempertahankan kemajemukan, dilatar-belakangi oleh maraknya konflik dan protes-protes ketidakpuasan di kalangan masyarakat. Indonesia yang berwilayah luas, beragam etnis dan agama, dengan tingkat kemajuan yang belum merata, sangat terbuka terhadap perpecahan dan dis-integrasi. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menciptakan pemahaman akan adanya perbedaan, mendorong terciptanya harmonisasi, dan mendorong kerjasama sebagai mitra yang benar dan baik. Teori yang melandasi paper ini adalah teori Filsafat Thomas Hobbes dan Mircea Eliade, Sosiologi John Scott, Anthropologi Koentjaraningrat, dan berbagai pendapat terkait konflik dan pembangunan jejaring sosial dari J.S. Furnival, Adorno, dan Manuel Castell. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menganalisa buku, artikel koran, dan mengikuti perkembangan berita mutahir dari media yang ada. Pembahasan meliputi keberadaan aga dan jaringan sosial. Kesimpulan: kemajemukan yang ada di Indonesia ini perlu dijaga dari ancaman dis-integritas dengan cara melakukan kerjasama dalam jaringan yang luas. Kata Kunci: Jejaring lintas budaya, agama, kemajemukan
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Religions. Mythology. Rationalism PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Religions. Mythology. Rationalism > Unity and plurality |
Depositing User: | Ms Sari Mentari Simanjuntak |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 01:58 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 02:06 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/834 |
Actions (login required)
View Item |