Sianturi, Manogari and Angela, Iswara and Guswantoro, Taat and Lumbantobing, Septina Severina (2022) Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Materi Pokok Bahasan Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner Berbantuan Laboratorium Virtual Physics Education Tecnology. JURNAL DINAMIKA PENDIDIKAN, 15 (2). pp. 101-109. ISSN 2620-3952
![]() |
Text
PengembanganLembarKerjaSiswa.pdf Download (869kB) |
![]() |
Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPengembanganLembarKerjaSiswa.pdf Download (2MB) |
Abstract
Abstrak secara singkat memuat uraian mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Abstrak diikuti kata kunci. Kata kunci berisi ide-ide atau konsep dasar yang mewakili bidang yang diteliti. Abstrak, maksimum 200 kata. Kata kunci maksimal 5 kata. Lembar kerja siswa (LKS) adalah salah satu alternatif pembelajaran yang tepat bagi siswa karena dapat membantu siswa untuk menambah informasi tentang konsep yang dipelajari melalui proses kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kelayakan LKS berbasis laboratorium virtual Physics Education Tecnology (PhET) pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner. Penelitian ini dilakukan di sekolah menengah atas (SMA) Negeri 42 Jakarta kelas XI matematika ilmu pengetahuan alam (MIPA) semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan simple random sampling. Validasi dilakukan untuk materi pokok bahasan, media pembelajaran dan bahasa yang digunakan terhadap LKS yang dikembangkan. Pada bagian akhir dari penerapan LKS dilakukan penyebaran angket kepada siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Hasil validasi materi pokok bahasan, media pembelajaran dan bahasa diperoleh nilai rata-rata 81,09%, 76,96% dan 82,50% dengan kategori layak, layak dan sangat layak untuk masing-masing validasi yang dilakukan. Sementara hasil respon siswa menunjukkan nilai rata-rata sebesar 87,39% dengan kategori sangat positif. Kata kunci: LKS, Laboratorium Virtual PhET, dan research and development (R&D). / Student worksheets (LKS) are one of the appropriate learning alternatives for students because they can help students to add information about the concepts learned through the process of learning activities. This study aims to develop a worksheet based on a virtual physics education technology (PhET) laboratory on the material of traveling waves and stationary waves. This research was conducted at the state 42 Jakarta Senior High School (SMA) in class XI Mathematics and Natural Sciences (MIPA) in the even semester of the 2020/2021 academic year. This research uses a research and development (R& D) method with simple random sampling. Validation was carried out for the subject matter, learning media and language used of the LKS developed. At the end of LKS development was the implementation of the LKS, a questionnaire was distributed to students to determine student responses to the developed LKS. The results of the validation of the subject matter, learning media and language obtained an average value of 81.09%, 76.96% and 82.50% with feasible, feasible, and very feasible categories for each validation carried out. While the results of student responses showed an average value of 87.39% with a very positive category. Keywords: LKS, PhET Virtual Laboratory, and research and development (R&D).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 09:59 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 09:59 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/17949 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |