Cara Pengajaran Kosakata Bahasa Mandarin sebagai Bahasa Asing atau Bahasa Kedua

Atmodjo, Ashandimitra (2014) Cara Pengajaran Kosakata Bahasa Mandarin sebagai Bahasa Asing atau Bahasa Kedua. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (415kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (577kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (509kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (467kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (785kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (293kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (393kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Secara umum penelitian ini dilakukan untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan: bagaimanakah cara pengajaran kosakata yang lebih baik guna meningkatkan kemampuan pelajar Indonesia dalam bahasa Mandarin agar pemahaman terhadap kosakata bahasa Mandarin menjadi lebih mendalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pada bagian penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang utama adalah studi kepustakaan (analisis teks), teori, dan wawancara, dimana ketiganya merupakan triangulasi untuk mendapatkan kepuasan dalam meneliti dan menemukan temuan-temuan dari teks yang akan diteliti. Dalam analisis teks ini, penulis akan mengemukakan cara pengajaran kosakata bahasa Mandarin sesuai dengan tingkat kesulitan (难度等级模式) yang dikemukakan oleh Zhou Xiaobing (2007) dalam bukunya “外国人学汉语语法偏误 研究” dari tingkat yang paling mudah sampai pada tingkat yang paling sulit, keenam tingkat kesulitan tersebut adalah 正迁移 (positive transfer), 合并 (coalescence), 差异 不足 (under differentiation), 再解释 (reinterpretation), 超差异 (over differentiation), 分化 (split). Teori-teori yang dikemukakan penulis merupakan pendapat dari para ahli di Tiongkok yang mengungkapkan secara khusus dan jelas mengenai cara pengajaran kosakata bahasa Mandarin sebagai bahasa asing atau bahasa kedua dan dalam mata pelajaran Zongheke bahasa Mandarin bagi pelajar asing. Sedangkan wawancara dilakukan dengan guru–guru pengajar Zongheke bahasa Mandarin bagi pelajar asing di tingkat dasar dan menengah di Fujian Normal University.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSoegihartono, SoegihartonoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDGunawan, RonnyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: LANGUAGE AND LITERATURE
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Mr Ibnu Rafi
Date Deposited: 10 Oct 2024 08:40
Last Modified: 10 Oct 2024 08:40
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/17463

Actions (login required)

View Item View Item