Butarbutar, Imelda and Rantung, Djoys Anneke and Naibaho, Lamhot (2022) Pendidikan Perdamaian dalam Persfektif Pendidikan Agama Kristen Sebagai Upaya Meminimalisasi Konflik dan Kekerasan Antar Mahasiswa di Univeristas HKBP Nommensen Medan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (6). pp. 6962-6972. ISSN 2685-936X
Text
PendidikanPerdamaiandalamPersfektif.pdf Download (306kB) |
|
Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPendidikanPerdamaiandalamPersfektif.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan Agama Kristen memiliki kontribusi besar dalam upaya menciptakan perdamaian. Melalui pendidikan yang dimulai dari tengah-tengah keluarga, gerja dan juga sekolah, pendidikan perdamaian senantiasa disuarakan. Hal itu membuktikan bahwa perdamaian itu harus senantiasa diupayakan, dari usia masih dini hingga dewasa, salah satunya dalam kehidupan berkampus. Untuk menjawab permasalahan yang dimuat penulis dalam artikel, maka peneliti melakukan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan kajian pustaka. Dari penelitian kajian pustaka yang dilakukan oleh peneliti diperoleh hasil bahwa pendidikan perdamaian dapat diterapkan melalui pendidikan agama Kristen dengan mengembangkan beberapa konsep pendidikan perdamaian kepada kurikulum yang telah dilaksanakan di perguruan tinggi selama ini. Melalui pendidikan perdamaian ini diharapkan akan membentuk generasi muda yang senantiasa mencintai perdamaian dan menjadikan perdamaian melekat atau menjadi kebiasaan dalam dirinya. Dengan demikian mahasiswa sebagai generasi muda akan senanitiasa menjadi agen perdamaian sebagaimana yang Tuhan Yesus tunjukkan melalui karakterNya dan ajarannya kepada semua orang yang percaya kepadaNya. Kata Kunci: Pendidikan perdamaian, Konflik dan kekerasan, Pendidikan Agama Kristen. / Christian Religious Education has a major contribution in efforts to create peace. Through education that starts in the midst of families, churches, and schools, peace education is always voiced. This proves that peace must always be sought, from an early age to adulthood, one of which is in campus life. To answer the problems contained in the author's article, the researcher used a qualitative descriptive research approach using a literature review. From the literature review research conducted by researchers, the results obtained were that peace education could be applied through Christian religious education by developing several peace education concepts into the curriculum that has been implemented in universities so far. Through peace education, it is hoped that it will form a young generation who always love peace and make peace inherent or become a habit in themselves. Thus the younger generation will always be agents of peace as shown by the Lord Jesus through His character and teachings to all who believe in Him. Keywords: Conflict, Violence, Peace Education, Christian Religious Education
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 08:24 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 08:24 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14815 |
Actions (login required)
View Item |