Pengembangan E-Poster Interaktif Berbasis Aplikasi pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas XI SMAK Ignatius Slamet Riyadi Cijantung

Sitepu, Novika Eriahta (2024) Pengembangan E-Poster Interaktif Berbasis Aplikasi pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas XI SMAK Ignatius Slamet Riyadi Cijantung. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiDaftarGambarDaftarTabelDaftarLampiranAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (234kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (809kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (475kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (189kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (239kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji kelayakan media pembelajaran berupa e-poster interaktif berbasis aplikasi android pada materi pencemaran lingkungan. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI-A, XI-B, XI-C SMAK Ignatius Slamet Riyadi Cijantung dengan jumlah 81 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang mengambil 5 tahapan, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan daraf produk awal, uji lapangan produk utama, dan revisi produk final). Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan rumus rata-rata untuk setiap kategori validasi dan juga hasil respon siswa terhadap aplikasi e-poster interaktif. Pendistribusian aplikasi e-poster interaktif dilakukan dengan memanfaatkan Google Drive dengan tautan https://bit.ly/E-PosterInteraktif. Aplikasi E-poster interaktif divalidasi oleh 3 orang validator yang terdiri dari 1 validator ahli materi dengan hasil validasi 100% pada kategori “sangat layak”, 1 validator ahli media dengan hasil validasi 95,4% pada kategori “sangat layak”, dan 1 validator ahli bahasa dengan hasil 91,8% pada kategori “sangat layak”. Respon siswa terhadap aplikasi e-poster interaktif berada pada kategori “positif” pada persentase 80,5% dengan rincian 81% pada kategori penggunaan dan tampilan media, 79,1% pada kategori kemampuan memahami materi, 81% pada kategori perasaan siswa saat menggunakan media dan 80,3% pada daya tarik media. Aplikasi e-poster interaktif terbukti layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran didukung dengan akses dan kegunaan yang mudah walau hanya dapat digunakan pada perangkat android saja, tampilan yang menarik dilengkapi dengan ilustrasi dan gambar yang penuh warna, materi yang lengkap dan mudah dipahami, fleksibilitas karena dapat digunakan dimana saja dan kapan saja tanpa jaringan internet. / This study aims to develop and test the feasibility of learning media in the form of interactive e-posters based on android applications on environmental pollution material. The population in this study were students in classes XI-A, XI-B, XI-C of Ignatius Slamet Riyadi Cijantung SMAK with a total of 81 students. The method used in this research is Research and Development (R&D) with the Borg & Gall development model which takes 5 stages, namely research and data collection, planning, initial product development, main product field test, and final product revision). The data analysis technique used an average formula for each validation category and also the results of student responses to interactive e-poster applications. The distribution of interactive e-poster applications is done by utilizing Google Drive with the link https://bit.ly/E-PosterInteraktif. The interactive e-poster application was validated by 3 validators consisting of 1 material expert validator with 100% validation results in the "very feasible" category, 1 media expert validator with 95.4% validation results in the "very feasible" category, and 1 language expert validator with 91.8% results in the "very feasible" category. Student responses to interactive e-poster applications are in the "positive" category at a percentage of 80.5% with details of 81% in the category of media use and appearance, 79.1% in the category of ability to understand the material, 81% in the category of student feelings when using the media and 80.3% in the attractiveness of the media. The interactive e-poster application is proven to be feasible and can be used as a learning media supported by easy access and usability even though it can only be used on android devices, an attractive appearance equipped with illustrations and colorful images, complete and easy-to-understand material, flexibility because it can be used anywhere and anytime without an internet network. Keywords: Application, E-poster, Environment, Pollution, E-poster Development

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSunarto, SunartoNIDN327095802sunarto@uki.ac.id
Thesis advisorRatnapuri, AdistiNIDN0315059103adisti.puri@uki.ac.id
Subjects: EDUCATION
TECHNOLOGY
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ms Novika Eriahta Sitepu
Date Deposited: 21 Jun 2024 02:59
Last Modified: 28 Jun 2024 06:25
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14811

Actions (login required)

View Item View Item