Komparasi dan Tinjauan Yuridis terhadap Perbedaan Putusan dalam Perkara Sengketa Merek Terkenal Asing (Studi Kasus Putusan No.307k/Pdt.Sus-Hki/2014 (Yoshimura) dengan Putusan No.557k/ Pdt.Sus-Hki/2015 (Pierre Cardin) )

Hillary, Hillary (2018) Komparasi dan Tinjauan Yuridis terhadap Perbedaan Putusan dalam Perkara Sengketa Merek Terkenal Asing (Studi Kasus Putusan No.307k/Pdt.Sus-Hki/2014 (Yoshimura) dengan Putusan No.557k/ Pdt.Sus-Hki/2015 (Pierre Cardin) ). S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (993kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (143kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (258kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (479kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (43kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (36kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (25kB)

Abstract

Di era Globalisasi ini, terutama setelah Indonesia menjadi anggota Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), tidak dapat dipungkiri bahwa tingkat perdagangan di tingkat Internasional semakin meningkat. Indonesia yang merupakan pasar yang besar menarik minat para investor untuk kemudian menanamkan modal mereka di Indonesia dan melaksanakan kegiatan perdagangan mereka di Indonesia.Setiap bisnis tidak lepas dari keterkaitannya dengan HKI, yang salah satunya adalah merek. Perusahaan dapat meraih keuntungan dengan merek, yang menjadi simbol pembeda antar produk, yang sekaligus menjadi definisi harga dari sebuah produk.Berdasarkan hal tersebut, para pebisnis kemudian menyadari pentingnya perlindungan terhadap merek mereka melalui HKI, yang untuk kemudian dapat memanfaatkan kekuatan merek tersebut untuk bisnis mereka.Namun, tidak jarang setelah melihat ketenaran dari merek lain, pengusaha kemudian memalsukan merek terkenal asing tersebut, dan menjalankan kegiatan usaha mereka dengan mengatasnamakan merek tersebut untuk mengambil keuntungan untuk mereka sendiri. Hal ini jelas merugikan pemilik merek yang dipalsukan tersebut, dan tidak jarang permasalahan ini berujung ke pengadilan. Kedua pihak dalam sengketa merek terkenal asing mempertahankan hak mereka masing-masing sebagai pemegang hak eksklusif atas merek yang menjadi objek sengketa dengan dalil mereka masing masing. Masalah yang kemudian timbul adalah mengenai siapa pemilik merek yang sah atas merek yang dipersengketakan, terutama setelah kedua pemilik merek telah mendaftarkan merek mereka sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh Undang – undang? Apakah Faktor dan peraturan perundangan yang dapat memenangkan para pihak dalam sengketa merek terkenal? Dengan metoda penelitian hukum Normatif komparatif penulis melakukan penelitian terhadap peraturan perundang-undangan dan putusan dengan didasarkan pendekatan studi kasus.Penulisan bertujuan untuk mengupas peraturan perundangan undangan yang melindungi para pihak yang terlibat dalam sengketa merek terkenal asing, dan juga untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perbedaan putusan terhadap kasus sengketa merek terkenal asing yang memiliki pokok perkara yang sejenis. / In this era of globalization, especially after Indonesia became a member The ASEAN Economic Community (MEA), cannot estimate this level Trade at the international level is increasing. Indonesia which is A large market attracts investors to invest capital they are in Indonesia and carry out their trading activities in Indonesia. Every business cannot be separated from its connection with IPR, which is wrong the other is the brand. Companies can gain profits with brands, which becomes a symbol of differentiation between products, which also becomes the definition of price a product. Based on this, business people then realize it the importance of protecting their brands through IPR, which is then can leverage the power of the brand for their business. However, no after seeing a famous brand from another brand, the entrepreneur then fakes it rarely these well-known foreign brands, and carry out their business activities with in the name of the brand to make a profit for them Alone. This is clearly detrimental to the owner of the counterfeit brand, and no Rarely do these matters end up in court. Both parties are fighting over brands well-known foreigners retain their respective rights as rights holders exclusive brands that are objects of relaxation with their own reasons each. The problem that then arises is who owns the brand validity of the disputed mark, especially after both mark owners have register their marks in accordance with the procedures established by the Law – allow? What are the factors and laws and regulations that can win para insiders question a well-known brand? With Normative legal research methods Comparative author conducted research on laws and regulations Closing with a case study approach. The aim of the writing is to Revealing statutory regulations that protect the parties involved in recruiting well-known foreign brands, and also to find out which factors influence differences in decisions regarding cases giving rise to a single well-known brand have similar subjects.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTobing, Gindo E.LNIDN8831640017gindo.tobing@uki.ac.id
Thesis advisorNainggolan, AnthonNIDN317095703anthon.nainggolan@uki.ac.id
Subjects: LAW
Divisions: FAKULTAS HUKUM > Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Ero Papa
Date Deposited: 31 May 2024 06:29
Last Modified: 31 May 2024 06:29
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14723

Actions (login required)

View Item View Item