Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Metode Tutor Sebaya pada Materi Sistem Periodik Unsur

Obet, Zebedius and Sumiyati, Sumiyati and Azzahra, St Fatimah and Harefa, Nelius (2023) Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Metode Tutor Sebaya pada Materi Sistem Periodik Unsur. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 8 (2). pp. 147-153. ISSN 2721-5164

[img] Text
PeningkatanHasilBelajarKimiaSiswa.pdf

Download (292kB)
Official URL: https://ejournal.unri.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperimental. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA 71 Jakarta T.A 2022/2023 dan Sampel yang diambil dari kelas X, C, dan D dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dari 288 siswa. Metode pembelajaran yang digunakan peneliti pada penelitian ini yaitu Metode tutor sebaya. Penelitian ini menggunakan Instrumen test yaitu soal essay. Uji prasyarat yang dilakukan berupa uji parametrik karena data terdistribusi secara normal dan homogen. Selanjutnya, Hipotesis dianalisis dengan uji paired sampel t-test pada taraf signifikan < 0.05 dengan SPSS 25.00 for windows. Hasil dari analisis data dan hipotesis yang didapatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia menggunakan metode tutor sebaya dengan nilai rata gain sebesar 0,475 pada kelas eksperimen dan 0,262 pada kelas kontrol yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. / This study aims to determine an increase in student learning outcomes on the material of the periodic system of elements. The type of approach used in this research is quantitative. The research method used is the true experimental method. The population in this study were all students of class X SMA 71 Jakarta T.A 2022/2023 and samples were taken from class X C and D with a sampling technique using purposive sampling from 288 students. The learning method used by researchers in this study was the peer tutor method. This study used a test instrument that was essay questions. The prerequisite test was a parametric test because the data wais normally distributed and homogeneous. Furthermore, the hypothesis was analyzed by using a paired sample t-test at a significant level <0.05 with SPSS 25.00 for windows. The results of data analysis and hypotheses obtained indicate that there was an increase in student learning outcomes in chemistry learning using the peer tutor method with an average gain value of 0.475 in the experimental class and 0.262 in the control class which shows an increase in student learning outcomes.

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
SCIENCE
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:32
Last Modified: 20 Nov 2023 04:32
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/12869

Actions (login required)

View Item View Item