Remme, Ratni and Nadeak, Bernadetha and Simbolon, Bintang R. (2022) Pengaruh Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 108 Rantelemo Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2). pp. 13139-13146. ISSN 2614-3097
Text
PengaruhKemampuanGurudalamPengelolaanKelas.pdf Download (453kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 108 Rantelemo kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif dan statistif infersianal. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam peengelolaan kelas dan hasil belajar IPA, sedangkan statistik infersianal untuk menguji hipotesis penelitian. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan statistik menggunakan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 23, besarnya pengaruh pengelolaan kelas (X) terhadap hasil belajar IPA (Y) sebesar 13,7 % sedangkan 86,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Jadi dapat disimpulkan bahwa H0 ditolok dan H1 diterima yang artinya ada pengaruh antara kemampuan guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar IPA di SDN 108 Rantelemo. Kata Kunci : Kemampuan Guru, Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar IPA. / This study aims to determine the effect of the teacher’s ability in classroom management to the fourth grade student’s science learning outcomes SDN 108 Rantelemo tana toraja district. The population in this study amounted to 30 students. The data collection techniques used in this study, were questionnaires, observation, documentation. Processing of research data using descriptive statistics and infersial statistics. Descriptive statistics are used to describe the ability of teachers in class management and science learning outcomes, while infersial statistics are used to test the research hypothesis. Study science this is evidenced by statistical calculations using hypothesis testing with the help of SPSS 23, the magnitude of the effect of classroom management (X) on science learning outcomes (Y) is 13,7 % while 86,35% is influenced by other variables not studied. So it can be concluded that H0 is plugged in and H1 is accepted, which means that there is an influence between the teacher’s ability in classroom management to the science learning outcomes at SDN 108 Rantelemo. Keywords: teacher ability, class management, science learning outcomes
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 06:56 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 06:56 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/11564 |
Actions (login required)
View Item |