Handayani, Mitra (2022) Peran Pendampingan Orang Tua Dalam Proses Belajar Pendidikan Agama Kristen Secara Daring Terhadap Nilai Akhir Siswa Kelas III di SDN Kelapa Dua Wetan 02 Ciracas Jakarta Timur. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulAbstrakDaftarIsi DaftarGambarDaftarTabelDaftarLampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
|
Text (BAB_I)
BAB1 (2).pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (833kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (894kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pada pembelajaran daring Pendidikan Agama Kristen di SDN Kelapa Dua Wetan 02 terdapat siswa yang kurang aktif minimnya respon, telat mengumpulkan tugas serta ulangan dalam proses pembelajaran Pendidikan agama Kristen secara daring. Dengan adanya permasalahan yang ada, mengakibatkan setiap nilai siswa menurun, maka penulis ingin melihat apakah yang dialami siswa terhadap nilai sudah dilakukannya tanggung jawab oleh orang tua mengenai Peran pendampingan itu sendiri pada masa pembelajaran Pendidikan Agama Kristen secara daring terhadap siswa kristen kelas III SDN Kelapa Dua Wetan 02, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendampingan pada proses belajar, kesulitan yang dihadapi dan dampak pendampingan pada orang tua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, obyek atau responden pada penelitian ini ialah ibu-ibu dari kelas III SDN Kelapa Dua Wetan 02 Ciracas Jakarta Timur. Berdasarkan penelitian yang diperoleh di lapangan melalui 8 responden yang dilakukan dengan wawancara bersama orang tua bahwa terlihat 3 dari 8 responden sudah melakukan peran pendampingannya pada proses belajar daring terhadap anak anak dan 5 dari 8 responden belum melakukan peran pendampingan pada proses belajar daring terhadap anak, hasil dari 3 responden yang sudah melakukan Peran pendampingan ialah setiap anak mendapatkan nilai yang baik tidak menurun, namun disatu sisi lain 5 yang belum menerima pendampingan dengan baik merasakan adanya penurunan nilai yang diperoleh oleh anak. Dengan demikian adanya standar KKM di sekolah SDN kelapa dua wetan 02 ini setiap anak mendapatkan nilai akhir yang hasilnya diperoleh berdasarkan akumulasi dari semua nilai seperti nilai tugas, praktek, ulangan. Keberhasilan nilai yang akhirnya dicapai secara baik oleh setiap siswa merupakan hasil yang diterima dari akumulasi sehingga mencapai KKM Kata kunci: Nilai akhir, Pendampingan Orang tua, Pendidikan Agama Kristen, Proses Belajar./ The background of this research is in online learning of Christian Religious Education at SDN Kelapa Dua Wetan 02 there are students who are less active, lack of response, late in collecting assignments and tests in the online learning process of Christian religious education. With the existing problems, resulting in each student's score decreasing, the authors wanted to see if what students experienced with respect to grades had been the responsibility of parents regarding the role of mentoring itself during the online learning of Christian Religious Education for third grade Christian students at SDN Kelapa Dua. Wetan 02, this study aims to determine the role of mentoring in the learning process, the difficulties faced and the impact of mentoring on parents. This study uses descriptive qualitative methods, the objects or respondents in this study are mothers from class III SDN Kelapa Dua Wetan 02 Ciracas, East Jakarta. Based on research obtained in the field through 8 respondents conducted by interviewing with parents, it can be seen that 3 out of 8 respondents have played a mentoring role in the online learning process for children and 5 out of 8 respondents have not played a mentoring role in the online learning process for children. Of the 3 respondents who have done the mentoring role, each child gets a good score that does not decrease, but on the other hand 5 who have not received mentoring well feel a decrease in the value obtained by the child. Thus, the existence of the KKM standard at this SDN Kelapa Dua Wetan 02 school every child gets a final score, the results are obtained based on the accumulation of all grades such as assignments, practice, and tests. The success of the grades that are finally achieved well by each student is the result received from the accumulation so that it reaches the KKM. Keywords: Final grades, Parental Assistance, Christian Religious Education, Learning Process
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Nomor Panggil : TA 372.84 Mit p 2022 | ||||||||||||
Subjects: | EDUCATION EDUCATION > Theory and practice of education > Child study |
||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Agama Kristen | ||||||||||||
Depositing User: | Users 2042 not found. | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2022 06:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 06:50 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/9543 |
Actions (login required)
View Item |