Metode Untuk Mengurangi Porositas Dengan Mengintegrasikan Pemetaan Porositas dan Simulasi Aliran Aluminium Pada High Pressure Die Casting

Susadi, Aton (2022) Metode Untuk Mengurangi Porositas Dengan Mengintegrasikan Pemetaan Porositas dan Simulasi Aliran Aluminium Pada High Pressure Die Casting. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulAbstrakDaftarisiDaftarGambarDaftarTabelDaftarlampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (739kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (727kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (816kB)

Abstract

Produk industri otomotif yang dijual dan pasarkan terdapat berbagai macam spare part yang dirancang sesuai dengan fungsi, tuntutan kualitas produk otomotif juga menjadi salah satu hal yang penting, tidak hanya tentang visual saja namun secara fungsi dan safety juga menjadi hal yang diperhatikan. Spare part yang ringan, presisi, dan mudah dibentuk juga menjadi hal yang wajib di industri otomotif, karena pada industri otomotif (massal production) waktu satu detik sangatlah berharga dan berpengaruh besar pada harga spare part yang akan dijual. Dengan pertimbangan tersebut penulis melakukan penelitian terkait dengan masalah pada part otomotif terkhusus pada part aluminium, lebih spesifik lagi ke arah porositas. Porositas yang terjadi pada produk high pressure die casting merupakan hal yang wajar terjadi, namun dengan tuntutan standar pada produk otomotif yang mengacu pada kualitas, maka masalah porositas pada produk high pressure die casting harus dapat dikendalikan agar tuntutan produk dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah ditemukannya metode dalam mengatasi masalah porositas sehingga dapat dikontrol, diminimalisir, dan diprediksi. Metode yang telah digunakan adalah dengan melakukan pemetaan area porositas dan akan dibandingkan dengan hasil hitungan dari simulasi aliran aluminium dengan menggunakan tiga opsi layout perbaikan yaitu ditambahkan overflow, subrunner, dan penggabungan opsi satu dan opsi dua. Setelah mendapatkan hasil simulasi kemudian dilakukan pembandingan dan dilakukan perbaikan sesuai opsi terbaik dari simulasi aliran aluminium. Hasil dari penelitian ini adalah data actual yang dibandingkan dengan hasil perhitungan, mengarah pada pembuktian metode pengintegrasikan pemetaan porositas dan simulasi aliran aluminium pada high pressure die casting. Dengan mengetahui salah satu faktor munculnya porositas adalah material aluminium yang terkontaminasi dengan udara, maka dengan adanya analisa simulasi aliran aluminium dan pemetaan, porositas dapat dikontrol dan hasil dari analisa aliran aluminium dapat digunakan sebagai referensi untuk memprediksi potensi masalah yang dapat terjadi pada produk serupa./ The automotive industry products that are sold and marketed have many types that are designed according to their function, automotive product quality requirements are also one of the important things, not only visually, but functionally and safety are also things to consider. Spare parts that are light, precision, and easy to manufacturing are also required in the automotive industry, because in the automotive industry or mass production one second is precious and has a big impact on the price of spare parts to be sold. In order for spare parts sold to compete with market prices, it takes a lot of analysis, preparation, and prevention to produce the best spare parts at competitive prices. With these considerations, the authors conducted research related to problems in automotive spare parts, especially aluminum parts, more specifically on porosity. Porosity that occurs in high pressure die casting products is a natural thing to happen, but with standards in automotive products that refer to quality, the porosity problem in high pressure die casting products must be controlled so that the product can be achieved. The purpose of this research is to find a method to overcome the problem of porosity so that it can be controlled, minimized, and predicted. The method that has been used is mapping porosity area and compare it with the calculation results from aluminum flow simulation using three improvement layout options, and the option is adding overflow, subrunner, and merging option one and option two. Then the results will be compared after repairs have been made according to the best option of aluminum flow simulation. The results of this research is actual data compared with the calculation results, leading to the proof that method of integrating porosity mapping and aluminium flow simulation in high pressure die casting. By knowing one of the factors for emergence of porosity is aluminum material that is contaminated with air, then with the simulation of aluminum flow analysis and mapping, the porosity can be controlled and the results of the aluminum flow analysis can be used as a reference to predict potential problems that can occur in similar products.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSebayang, Melya DyanasariNIDN0322027806melya.dynasari@uki.ac.id
Thesis advisorMartowidjojo, AryantonoNIDN319096603aryantono@uki.ac.id
Additional Information: Nomor Panggil : T.A 669.722 Ato m 2022
Subjects: TECHNOLOGY
TECHNOLOGY > Mechanical engineering and machinery
Divisions: FAKULTAS TEKNIK > Teknik Mesin
Depositing User: Users 2219 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2022 01:53
Last Modified: 31 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/9525

Actions (login required)

View Item View Item