Peranan Belajar Behaviorisme dalam Hubungannya dengan Teknologi Pendidikan Serta Implikasinya dalam Pembelajaran

Sipayung, Zenriahman and Sihotang, Hotmaulina (2022) Peranan Belajar Behaviorisme dalam Hubungannya dengan Teknologi Pendidikan Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (5). pp. 7129-7138. ISSN 2656 8063

[img] Text
PerananBelajarBehaviorisme.pdf

Download (485kB)
Official URL: https://edukatif.org

Abstract

Banyak teori belajar yang membahas tentang bagaimana proses belajar dan mengajar yang efektif agar terjadi perubahan sikap dan tingkah laku peserta didik. Teori behaviorisme memandang bahwa belajar merupakan bentuk perubahan yang dialami peserta didik dalam hal kemampuannya yang bertujuan merubah sikap dan tingkah laku dengan cara interaksi terhadap stimulus dan respon. Perubahan sikap dan tingkah laku tersebut disebabkan adanya keinginan untuk belajar dari pada naradidik .Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan hubungan teori belajar behavioristk dan teknologi pendidikan serta implikasinya terhadap pembelajaran. Metode Penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dari beberapa jurnal dan buku-buku membahas teori belajar. Studi ini fokus pada pembahasan hubungan antara teori belajar behaviorisme dan teknologi pendidikan serta bagaimana implikasinya terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menujukkan para peserta didik mengalami perubahan tingkah laku. Ciri tinglah laku dalam perubahan yang diperoleh dari hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang dialamai peserta didikberupa kemampuannya berinteraksi terhadap sesama. Karena itu mengintegrasikan teknologi pendidikan dalam implementasi teori behaviorisme menjadi penting untuk meningkat perubahan sikap peserta dididik. Kata Kunci : Peranan teori belajar, behaviorisme, teknologi pendidikan dan pembelajaran./ Many learning theories discuss how effective learning and teaching processes are to change students' attitudes and behavior. Behaviorism theory views that learning is a form of change experienced by students in terms of their abilities which aim to change attitudes and behavior by interacting with stimuli and responses. Changes in attitudes and behavior are caused by a desire to learn from students. The purpose of this research is to describe the relationship between behaviorist learning theory and educational technology and its implications for learning. The research method used is literature study from several journals and books discussing learning theory. This study focuses on discussing the relationship between behaviorism learning theory and educational technology and its implications for learning. The results of the study showed that the students experienced changes in behavior. Characteristics of behavior in the changes obtained from learning outcomes are changes in behavior experienced by students in the form of their ability to interact with others. Therefore, integrating educational technology in the implementation of behaviorism theory is important to increase student attitude change. Keywords: The role of learning theory, behaviorism, educational and learning teaching.

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:57
Last Modified: 31 Oct 2022 02:57
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/9397

Actions (login required)

View Item View Item