Efisiensi Desain dan Analisis Performa Material PP Sebagai Material Komponen Baki Bagasi (Package Tray) pada Kendaraan Penumpang Jenis A-hatchback

Semaun, Fransiskus Asisi (2022) Efisiensi Desain dan Analisis Performa Material PP Sebagai Material Komponen Baki Bagasi (Package Tray) pada Kendaraan Penumpang Jenis A-hatchback. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulAbstrakDaftarisiDaftarGambarDaftarTabelDaftarLampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (324kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (132kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
Daftarpustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (69kB)

Abstract

Penurunan berat kendaraan mempengaruhi penurunan konsumsi bahan bakar, sehingga produsen otomotif bersaing untuk membuat kendaraan seringan mungkin. Hal ini sejalan dengan regulasi pemerintah mengenai gas buang kendaraan yang meningkat signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan komponen package tray yang dibuat oleh PP homogen yang memiliki massa lebih ringan namun memiliki performa yang mendekati komponen package tray terbuat dari PP + Wood dengan mempertimbangkan efek tegangan termal (thermal stress) yang terjadi ketika pada suhu tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik untuk memperkirakan defleksi maksimum yang terjadi pada suhu tinggi dan didukung oleh CAE (Computational Aided Engineering). Defleksi pada packge tray yang diijinkan adalah sebesar 12 mm di area tengah pada suhu 110⁰C. Penelitian ini menunjukkan bahwa defleksi pada bahan PP tanpa penguat dan PP Honeycomb lebih besar dari 12 mm. Di sisi lain, PP homogen dengan penguat tambahan memiliki defleksi sekitar 4 mm. Oleh karena itu, semua jenis bahan PP homogen di pasar tidak mampu bertahan pada 110 ⁰C tanpa penguat tambahan./ A decrease in vehicle weight affects decreasing fuel consumption, so automotive manufacturers are competing to make vehicles as light as possible. This is in line with vehicle exhaust gases government regulation that increases significantly. This research aims to produce components of package tray made by homogeneous PP which has lighter mass but have a performance which approximates the component package tray made of PP + Wood by considering the effect of thermal stress that occurs when at high temperature. This research uses an engineering approach to estimate the maximum deflection that occurred by high temperature and is supported by CAE (Computational Aided Engineering). The deflection requirement of the package tray at 110⁰C must be under 12 mm at the central point. This research shows that the homogeneous PP material and PP honeycomb structure deflection are greater than 12 mm. On the other hand, homogeneous PP with additional reinforcement has a deflection of approximately 4 mm. Hence, all types of homogenous PP material in the market are not able to stand at 110 ⁰C without additional reinforcement.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSebayang, Melya DyanasariNIDN0322027806melya.dyanasari@uki.ac.id
Thesis advisorAntonius, DikkyNIDN0301218801dicky.antonius@uki.ac.id
Additional Information: Nomor Panggil : T.A 629.231 Fra e 2022
Subjects: TECHNOLOGY > Mechanical engineering and machinery
Divisions: FAKULTAS TEKNIK > Teknik Mesin
Depositing User: Users 2104 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2022 09:17
Last Modified: 07 Jul 2023 09:21
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/9336

Actions (login required)

View Item View Item