Pendidikan Agama Kristen Sebagai Upaya Menjawab Tantangan Krisis Lingkungan Hidup

Samosir, Christina Metallica and Boiliu, Fredik Melkias (2022) Pendidikan Agama Kristen Sebagai Upaya Menjawab Tantangan Krisis Lingkungan Hidup. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (1). pp. 815-826. ISSN 2656 8071

[img] Text
PendidikanAgamaKristenSebagaiUpayaMenjawabTantangan.pdf

Download (521kB)
Official URL: https://edukatif.org/index

Abstract

Dewasa ini terjadi kerusakan lingkungan seperti degradasi lahan/tanah, deforestasi atau penggundulan hutan, kepunahan jenis binatang dan tumbuhan, degradasi air, peracunan alam di tingkat global, perubahan atmosfer serta degradasi masyarakat dan budaya. Kerusakan ini disebab oleh manusia itu sendiri dan akibat dari kerusakan ini akan membawa musiba kepada manusia. Allah menciptakan manusia menurut gambar dan rupaNya (Imago Dei) Kejadian 1:27-28 dan memberikan mandat untuk berkuasa atas alam semesta. Saat ini manusia merasa berkuasa sepenuhnya atas alam sehingga semena-mena menguras isi alam tanpa memikirkan kelestarian dan keselamatan alam. Keruskan-kerusakan tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan iklim. Oleh sebab itu, pembahasan ini bertujuan untuk memberikan edukasi melalui pendidikan agama Kristen di lingkungan keluarga, gereja, dan sekolah untuk memberikan kesadaran akan betapa pentingnya menjaga, melindungi dan melestarikan alam atau lingkungan merupakan tugas dan tanggung jawab manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literaur dan riset pustaka. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman dan kesadaran kepada orangtua, guru, pendeta dan guru sekolah minggu untuk memberikan pengajaran terkait dengan menjaga, melindungi dan melestarikan alam atau lingkungan. Dengan demikian, pengajaran yang dilakukan di keluarga, sekolah dan gereja akan menghasilkan generasi-generasi yang sadar dan peduli terhadap lingkungan. Kata Kunci: Lingkungan hidup, Pendidikan agama Kristen Keluarga, Gereja, Sekolah../ Today there is environmental damage such as land/soil degradation, deforestation or deforestation, extinction of animal and plant species, water degradation, poisoning of nature at the global level, changes in the atmosphere and degradation of society and culture. This damage is caused by humans themselves and the consequences of this damage will bring disaster to humans. God created man in His image and likeness (Imago Dei) Genesis 1:27-28 and gave a mandate to rule over the universe. Currently, humans feel fully in control of nature so that they arbitrarily drain the contents of nature without thinking about the sustainability and safety of nature. These damages lead to climate change. Therefore, this discussion aims to provide education through religious education in the family environment, and schools to provide awareness of the importance of maintaining, and protecting nature or the environment is a human duty and responsibility. The method used in this research is literature review and library research. The results of this study provide understanding and awareness to parents, teachers, pastors and Sunday school teachers to provide teaching related to protecting, protecting and protecting the environment. Thus, teaching carried out in families, schools and churches will produce generations who are aware and care about the environment. Keywords: Environment, Christian religious education Family, Church, School

Item Type: Article
Subjects: PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Christianity
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 12 Oct 2022 04:11
Last Modified: 12 Oct 2022 04:11
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/9228

Actions (login required)

View Item View Item