Martoguhun, Martoguhun and Limbong, Mesta and Sihotang, Hotmaulina (2022) Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 336 Inpres Boronan Kecamatan Saluputti Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2). pp. 13147-13154. ISSN 2614 3097
Text
PeranOrangTuadalamMeningkatkanPrestasiBelajarSiswa.pdf Download (336kB) |
Abstract
Orang tua merupakan penanggung jawab utama dalam pendidikan anak-anak. Dimanapun anak tersebut menjalani pendidikan, baik dilembaga formal,informal maupun non formal orang tua tetap berperan dalam menentukan masa depan pendidikan anak-anaknya. Pendidikan di luar keluarga, bukan dalam arti melepaskan tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak, tetapi hal itu dilakukan orangtua semata-mata karena keterbatasan ilmu yang dimiliki oleh orang tua, karena sifat ilmu yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, sementara orang tua memiliki keterbatasan-keterbatasan. Dalam hal ini orang tua berkewajiban memenuhi kebutuhan pendidikan, sandang, pangan, papan dan kesehatan sehingga anak mampu untuk hidup sendiri. Analisis data pada penelitian ini bersifat kualitatif berlandasan pada penggunaan keterangan secara lengkap dan mendalam dalam menginterprestasikan data tentang variabel, bersifat non-kuantitatif dan dimaksudkan untuk melakukan eksplorasi mendalam dan tidak meluas terhadap fenomena. Metode yang digunakan yaitu dengan metode wawanca, observasi dan dokumentasi. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Meningkatkan Prestasi Belajar/ Orang tua merupakan penanggung jawab utama dalam pendidikan anak-anak. Dimanapun anak tersebut menjalani pendidikan, baik dilembaga formal,informal maupun non formal orang tua tetap berperan dalam menentukan masa depan pendidikan anak-anaknya. Pendidikan di luar keluarga, bukan dalam arti melepaskan tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak, tetapi hal itu dilakukan orangtua semata-mata karena keterbatasan ilmu yang dimiliki oleh orang tua, karena sifat ilmu yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, sementara orang tua memiliki keterbatasan-keterbatasan. Dalam hal ini orang tua berkewajiban memenuhi kebutuhan pendidikan, sandang, pangan, papan dan kesehatan sehingga anak mampu untuk hidup sendiri. Analisis data pada penelitian ini bersifat kualitatif berlandasan pada penggunaan keterangan secara lengkap dan mendalam dalam menginterprestasikan data tentang variabel, bersifat non-kuantitatif dan dimaksudkan untuk melakukan eksplorasi mendalam dan tidak meluas terhadap fenomena. Metode yang digunakan yaitu dengan metode wawanca, observasi dan dokumentasi. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Meningkatkan Prestasi Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Ms Mentari Simanjuntak |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 06:11 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 06:11 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8719 |
Actions (login required)
View Item |