Tyas, Eden Handayani (2016) PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENDIDIK YANG BERKARAKTER. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5 (1). pp. 43-51. ISSN 2301 5594
|
Text
Artikel.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text (Peer_Review)
Peer-Review.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Karakter adalah keutuhan seluruh perilaku psikis hasil pengaruh faktor endogen (genetik) dan faktor eksogen, yang terpatri dalam diri dan membedakan individu atau kelompok individu yang satu dari yang lainnya, serta menjadi determinan perilaku seseorang dalam penyesuaiannya dengan lingkungan. Karakter baik dimanifestasikan dalam kebiasaan baik dan kebajikkan dalam hidup sehari-hari, seperti: pikiran baik, hati baik, dan tingkah laku baik. Karakter bersifat memancar dari dalam (inside-out), dalam arti, bahwa kebiasaan baik dilakukan bukan atas permintaan, atau tekanan dari orang lain, namun atas kesadaran dan kemauan sendiri. Karakter adalah sesuatu yang terlihat, merupakan bentuk perilaku konkrit, atau penerapan dari moral. Di tangan para pendidik profesional, peserta didik diajarkan untuk menjadi generasi yang jujur, disiplin, bertanggung jawab, mandiri, cendikia, inovatif dan antisipatif. Tujuan penulisan ini untuk menguraikan dan menjelaskan begitu pentingnya hal menumbuhkembangkan karakter kepada setiap peserta didik. Metode penulisan ini menggunakan kajian pustaka dan pendekatan deskriptif teoretik. Karakter terdiri dari sifat-sifat baik sebagai bentuk dari perilaku yang terlihat. Seorang individu harus mengetahui, memiliki keinginan, dan melakukan hal yang baik agar tercipta kebiasaan (habit) baik di pikiran, di hati, dan di perilaku. Kata kunci: Karakter, Pendidikan, Pendidik, Peserta Didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION EDUCATION > Special aspects of education > Moral and religious education > Moral education. Character building |
Depositing User: | Ms Sari Mentari Simanjuntak |
Date Deposited: | 30 Aug 2019 08:02 |
Last Modified: | 30 Aug 2019 08:02 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/863 |
Actions (login required)
View Item |