Efektivitas Penggunaan Bahasa Isyarat Dalam Pelayanan Pelanggan Di Coffe Shop Oleh Karyawan Dengan Penyandang Disabilitas Tunarungu

Rosalind, Stephanie and Siahaan, Chontina (2022) Efektivitas Penggunaan Bahasa Isyarat Dalam Pelayanan Pelanggan Di Coffe Shop Oleh Karyawan Dengan Penyandang Disabilitas Tunarungu. Jurnal Comunità Servizio, 4 (1). pp. 853-867. ISSN 2656677X

[img] Text
EfektivitasPenggunaanBahasaIsyaratdalamPelayananPelanggandiCoffeeShop.pdf

Download (449kB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/cs/index

Abstract

Coffee shop saat ini sudah sangat mudah kita temui di banyak tempat. Bahkan kota-kota kecil sekalipun sudah bisa kita jumpai cafe atau coffee shop. Namun coffee shop kopi tuli memiliki konsep yang berbeda dari kebanyakan coffee shop lain. Coffee shop ini memiliki keunikan dari pelayanan nya yang menggunakan bahasa isyarat sebagai cara interaksi mereka. Semua karyawan yang bekerja di coffee shop ini adalah seorang tunarungu atau disabilitas. Kekurangan yang mereka miliki justru mereka gunakan sebagai potensi bisnis yang mereka jalani saat ini. Karena itulah penulis menjadi tertarik untuk melakukan penelitian pada kedai kopi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bagaimana proses komunikasi antara teman dengar dan teman tuli dan efektivitasnya dalam berinteraksi satu sama lain dalam proses jual beli. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dan sasaran apa yang ingin dicapai oleh coffee shop ini. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi pustaka, wawancara, dan pengumpulan data dengan mengadakan survey mengenai coffee shop tuli ini. Kata kunci: Bahasa isyarat; Disabilitas; Tunarungu; Coffee shop; Strategi Pemasaran. /Coffee shops today are very easy to find in many places. Even small towns we can find cafes or coffee shops. But deaf coffee shop coffee shop has a different concept from most other coffee shops. This coffee shop has the uniqueness of its service that uses sign language as a way of their interaction. All employees who work in this coffee shop are deaf or disabled. The shortcomings they have are precisely what they use as the potential of the business they are currently running. That's why the author became interested in doing research on this coffee shop. The purpose of this study was to show how the communication process between hearing friends and deaf friends and their effectiveness in interacting with each other in the buying and selling process. In addition, this research also aims to find out what marketing strategies and goals this coffee shop wants to achieve. The research methods used in this study are literature studies, interviews, and data collection by conducting surveys about deaf coffee shops. Keywords: Sign language; Disability; Deaf; Coffee shop; Marketing Strategy

Item Type: Article
Subjects: LANGUAGE AND LITERATURE
Depositing User: Ms Rosaliana Wati
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:24
Last Modified: 04 Aug 2022 04:24
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8617

Actions (login required)

View Item View Item