Pengelompokan Kosakata Bahasa Inggris yang Salah Dilafalkan oleh para Mahasiswa dalam Sesi Perkenalan Diri

Tambunsaribu, Gunawan and Sianipar, Yules Orlando (2022) Pengelompokan Kosakata Bahasa Inggris yang Salah Dilafalkan oleh para Mahasiswa dalam Sesi Perkenalan Diri. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 9 (1). pp. 33-43. ISSN 27981371

[img] Text
PengelomokanKosakataBahasaInggrisyangSalahDilafalkan.pdf

Download (271kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPengelomokanKosakataBahasaInggrisyangSalahDilafalkan.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/dia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan kosakata yang memiliki ciri bunyi yang sama yang dilafalkan salah oleh para mahasiswa dan menemukan faktor yang sangat dominan membuat para mahasiswa masih sulit melafalkan kelompok kosakata tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling dalam memilih partisipan. Partisipan yang dipilih adalah 40 orang mahasiswa Universitas Gunadarma jurusan Teknik Informatika. Para partisipan adalah mahasiswa yang sedang belajar mata kuliah Bahasa Inggris Bisnis 2 di semester genap 2020-2021. Dari hasil penelitian, penulis mengelompokkan kosakata yang dilafalkan salah oleh para mahasiswa ke dalam 9 kelompok kosakata berdasarkan ciri bunyi yang sama yakni; 1) Kelompok kata dengan huruf ‘gh’, 2) Kelompok kata dengan huruf ‘sh’, 3) Kelompokkata dengan huruf ‘al’, 4) Kelompok kata dengan huruf yang tak ‘e’ berbunyi, 5) Kelompok kata dengan huruf ‘ir’ , 6) Kelompok kata dengan huruf ‘k’ tak berbunyi, 7) Kelompok kata dengan huruf ‘ph’, 8) Kelompok kata dengan huruf ‘c’ berbunyi /s/, dan 9) kelompok kata dengan huruf ‘g’ berbunyi /dʒ/. Faktor yang paling mempengaruhi mahasiswa menemukan kesullitan dalam melafalkan kosakata bahasa Inggris adalah faktor bahasa pertama mereka yaitu bahasa Indonesia. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan para siswa dalam melafalkankosakata dengan lebih baik dan fasih. Hasil penelitian ini juga dapat berguna bagi para instruktur/guru bahasa Inggris sebagai bahan materi ajar khususnya pada mata kuliah speaking dan pelafalan. Hasilpenelitian ini juga dapat digunakan oleh peneliti lainnya sehubungandengan kajian pelafalan bahasa.Kata kunci:Pelafalan Bahasa Inggris, Kelompok Kosakata, Mahasiswa /This study aims to classify vocabulary that has the characteristics of the same sound that the students pronounced incorrectly and also to find a very dominant factor that makes it difficult for students to pronounce the vocabulary groups. This is qualitative researchusing purposive sampling technique in selecting the participants. The selected participants were 40 students majoring in Informatics Engineering in Gunadarma University. The participants are the students who were studying Business English 2 course in the even semester of 2020-2021. From the results of the study, theauthors grouped the vocabularies pronounced incorrectly by the students into 9 groups of vocabularies which has same characteristics in sounds, namely; 1) Group of words with the letter 'gh', 2) Group of words with the letter 'sh', 3) Group of words withthe letter 'al', 4) Group of words with letters that do not sound 'e', 5) Group of words with letters 'ir' , 6) Group of words with the letter 'k' soundless, 7) Group of words with the letter 'ph', 8) Group of words with the letter 'c' sound /s/, and 9) Group of words with the letter 'g' sound /dʒ/. The factor that influences students to find difficulty in pronouncing English vocabulary is the factor of their first language, namely Bahasa Indonesia. It is hoped that the results of this study can increase students' knowledge and skills in pronouncing vocabulary better and more fluently. The results of this study can also be useful for 34English instructors/teachers as learning materials, especially in Speaking and Pronunciation courses. The results of this studycan also be used by other researchers in connection with the study of language pronunciationKeywords: English Pronunciation,Vocabulary Groups, College Student.

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION > Education (General)
Depositing User: Ms Rosaliana Wati
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:25
Last Modified: 23 Jan 2024 09:40
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8562

Actions (login required)

View Item View Item