Peran Pendidikan Agama Kristen di Universitas Kristen Indonesia dalam Konstelasi Nasional Pembangunan Bangsa Bedasarkan Nilai-Nilai Pancasila

Kolibu, Dirk Roy (2018) Peran Pendidikan Agama Kristen di Universitas Kristen Indonesia dalam Konstelasi Nasional Pembangunan Bangsa Bedasarkan Nilai-Nilai Pancasila. In: Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper : Revitalisasi Indonesia Melalui Identitas Kemajemukan Berdasarkan Pancasila. UKI Press, Pusat Studi Lintas Agama dan Budaya UKI Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UKI Magister Pendidikan Agama Kristen UKI, pp. 210-222. ISBN 978 979 8148 96 5

[img]
Preview
Text
DIRK.pdf

Download (702kB) | Preview

Abstract

Pendidikan seringkali dijadikan alat “rekayasa sosial” dan sarana paling ampuh sebagai praktik “invasi kultural” untuk tujuan tertentu. Maraknya radikalisme agama yang masuk melalui lembaga-lembaga pendidikan khususnya perguruan tinggi di Indonesia tidak lepas dari aspek tersebut sehingga terindikasi menjadi target makro pengembangan “idiologi agresor” yang signifikan. Infiltrasi ideology ini ditenggarai oleh karena nilai-nilai Pancasila kurang dimaknai pemahamannya sebagai model ketahanan nasional bela negara yang meliputi ketahanan ideologi, ketahanan politik, ketahanan ekonomi, ketahanan sosial budaya dan ketahanan pertahanan keamanan yang ditopang melalui pendidikan keagaman yang ter-integrasi dan ber-integritas. Tidak heran diberbagai sektor terjadi ketidaksesuaian pandangan filosofis dan hukum yang dianut sehingga sering timbul gesekan atau konflik horisontal. Indikasinya adalah kurang harmonisnya antara pengamalan Pancasila dalam kaitannya dengan bela negara dan aspek religiositas pendidikan keagamaan di Indonesia. Pendidikan agama Kristen merupakan salah satu kekuatan visi misi lembaga Universitas Kristen Indonesia sebagai program pendidikan yang membentuk manusia beriman teguh, berilmu, dan memiliki karakter serta terintegrasi dalam wujud pengamalannya kepada nusa dan bangsa untuk mengentaskan para lulusannya berkiprah dalam konstelasi nasional pembangunan bangsa Indonesia. Peran itu telah dibuktikan dengan banyaknya alumni yang sudah bekerja di segala bidang dalam membangun negara Indonesia sampai saat ini. Makalah ini menggunakan metode kajian pustaka dengan berbagai deskripsi peran PAK di Universitas Kristen Indonesia sebagai wujud revitalisasi (menghidupkan) nilai-nilai Pancasila untuk memberdayakan semua potensi melalui pendidikan sehingga membentuk warganegara yang berkualitas pancasilais yaitu: beriman teguh, berkarakter, dan dapat mengantisipasi ancaman radikalisme agama, ketahanan politik, dan unggul dalam keilmuan dengan semangat jiwa pelayanan “melayani bukan dilayani” yang telah dibuktikan dalam berbagai bidang kerohanian dan sekuler. Kata kunci: Pendidikan Agama Kristen, Konstelasi Pembangunan Nasional, dan Nilai-nilai Pancasila.

Item Type: Book Section
Subjects: EDUCATION > Special aspects of education > Moral and religious education > Religion and education. Education under church control
Depositing User: Ms Sari Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 23 Aug 2019 02:13
Last Modified: 23 Aug 2019 02:13
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item View Item