Pemanfaatn Media Sosial TikTok Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Pakaian Bekas Premium

Sarah, Sarah (2021) Pemanfaatn Media Sosial TikTok Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Pakaian Bekas Premium. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiDaftarGambarDaftarLampiranAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (47MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (664kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (593kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (410kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (630kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (305kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (14MB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengemukakan tentang bagaimana pengelola akun @jhonpasarbaroe memanfaatkan media sosial TikTok sebagai media komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, memengaruhi atau membujuk dan kemudian mengingatkan konsumen tentang produknya. Dalam hal ini informasi yang disampaikan oleh pengelola akun dalam bentuk konten, penggunaan konten sebagai media komunikasi pemasaran, yang saat ini sangat membantu para pelaku yang bergerak dibidang bisnis dalam mempromosikan produknya. Struktur konten dalam penyampaian pesan divisualisaikan ke dalam konten berupa video dan gambar. Konten komunikasi pemasaran @jhonpasarbaroe bersifat informatif dan interaktif serta fitur TikTok yang dimanfaatkan secara maksimal sehingga konsumen dapat dengan mudah berinteraksi melalui konten di media sosial TikTok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan promosi apa saja yang dilakukan oleh pengelola akun dalam akun media sosial TikTok, dan mengetahui faktor-faktor apa yang membuat TikTok dipilih sebagai media promosi yang aktif. Peneliti menarik kesimpulan bahwa pengelola akun @jhonpasarbaroe melakukan pemanfaatan TikTok dengan baik, dilihat dari kegiatan promosi yang dilakukan sangat beragam dan juga dapat memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia. Ladasan teori dalam penelitian ini adalah konsep komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desktiftif dimana data diperoleh melalui studi pustaka dan wawancara mendalam kepada pengelola akun dan empat informan pendukung yang terlibat dalam pembuatan konten. Analisis data dilakukan melalui penyajian data yang kemudian dilajutkan dengan penarikan kesimpulan./ This study suggests how the @jhonpasarbaroe account manager uses TikTok social media as a marketing communication medium. Marketing communication is a marketing activity that seeks to disseminate information, influence or persuade and then remind consumers about the product. In this case, the information conveyed by the account manager is in the form of content, the use of content as a marketing communication medium, which is currently very helpful for business actors in promoting their products. The content structure in delivering messages is visualized into content in the form of videos and images. The marketing communication content of @jhonpasarbaroe is informative and interactive and TikTok features are utilized optimally so that consumers can easily interact through content on TikTok social media. The purpose of this study is to find out what promotional activities are carried out by account managers in TikTok social media accounts, and to find out what factors make Tiktok chosen as an active promotional media. The researcher concludes that the @jhonpasarbaroe account manager makes good use of TikTok, seen from the various promotional activities carried out and can also take advantage of the various available features. The theoretical basis in this research is the concept of marketing communication. This research uses descriptive qualitative method where data is obtained through literature study and in-depth interviews with account managers and four supporting informants involved in content creation. Data analysis was carried out through the presentation of data which was then followed by drawing conclusions

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGloria, MarsheliaNIDN0323088703gloriamarshelia@gmail.com
Additional Information: Nomor Panggil : TA 302.23 Sar p 2021
Subjects: LANGUAGE AND LITERATURE > Philology. Linguistics > Communication. Mass media
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1754 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:31
Last Modified: 18 Oct 2022 03:33
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8342

Actions (login required)

View Item View Item