KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DI ERA INDUSTRI 4.0

Sianipar, Desi (2018) KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DI ERA INDUSTRI 4.0. In: Prosiding Seminar Nasional dan Call For Papers "Membangun Di Era Revolusi Industri 4.0". Program Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, pp. 167-177. ISBN 978 979 8148 79 8

[img]
Preview
Text
8 Kepemimpinan Guru Agama Kristen di Era 4.0 - Prosiding.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

semua orang mudah menyesuaikan diri dengan situasi era industri 4.0 atau era teknologi digital yang ditandai dengan lompatan perubahan teknologi yang serba cepat. Ada banyak kebaikan dan keuntungan yang dihasilkan oleh perkembangan teknologi ini, namun ada juga dampak negatifnya. Banyak orang tidak mampu menggunakan teknologi dengan baik, bahkan malah menyalahgunakannya. Permasalahan yang timbul sebagai akibat ketidakmampuan menyesuaikan pada perubahan ini sangat bervariasi, misalnya menyangkut pendidikan, masih banyak lembaga pendidikan yang belum adaptif terhadap perkembangan teknologi yang mengakibatkan banyak siswa tertekan dengan situasi ini. Secara psikologis, terjadi penurunan pada kemampuan kognitif, perilaku, psikologis, sosial, afektif, dan motivasi. Perilaku yang umum dijumpai adalah ketergantungan (addiction) dan perilaku yang kompulsif. Secara fisik, terjadi kerusakan otak yang disebabkan proses adaptasi yang salah, dan mengakibatkan gangguan pada konsentrasi belajar dan kontrol diri, yang kemudian menjadi penyebab tekanan (stress) kronis dalam kehidupan, penyalahgunaan media sosial secara patologis, tidak ada keseimbangan antara hasil akademik dan waktu yang dihabiskan dalam menggunakan teknologi dan media sosial Dalam situasi yang digambarkan di atas, masyarakat Kristen sangat membutuhkan kepemimpinan guru pendidikan agama Kristen di keluarga, gereja, dan sekolah. Masyarakat pengguna teknologi perlu dipimpin dalam menjalani kehidupan mereka saat mengalami benturan atau goncangan akibat perjumpaan dengan teknologi. Guru memiliki peran yang besar sebagai pemimpin pendidikan yang memberi pengaruh melalui pengajaran dan keteladanan. Guru agama Kristen perlu menjalankan kepemimpinan visioner, kepemimpinan teladan, dan kepemimpinan transformasional untuk membangun para naradidik sehingga mereka sanggup menggunakan teknologi secara benar dan bermanfaat besar bagi kehidupan manusia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pembahasan ini adalah tinjauan literatur dan menerapkan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Kesimpulan dalam tulisan ini adalah kepemimpinan guru pendidikan agama Kristen yang diharapkan pada era milenial adalah kepemimpinan guru PAK yang visioner, teladan, dan transformasional. Kata Kunci: Kepemimpinan, Guru, Pendidikan Agama Kristen, Era Industri 4.0

Item Type: Book Section
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Special aspects of education > Social aspects of education
Depositing User: Ms Sari Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:46
Last Modified: 20 Aug 2019 04:48
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/829

Actions (login required)

View Item View Item