Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan)

Jojor, Anita and Sihotang, Hotmaulina (2022) Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (4). pp. 5150-5161. ISSN 2656 8071

[img] Text
AnalisisKurikulumMerdeka.pdf

Download (918kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinAnalisisKurikulumMerdeka.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://edukatif.org

Abstract

Pandemi COVID-19 menimbulkan tantangan pada aspek pendidikan yang mengakibatkan Learning Loss. Tujuan artikel penelitian ini untuk mengulas beberapa kebijakan bidang pendidikan yang diluncurkan oleh pemerintah dalam mengatasi Learning Loss. Salah satu kebijakan pemerintah terkait dengan proses pembelajaran dan implementasi kurikulum. Studi ini memberikan gambaran tentang kurikulum merdeka dan mengkaji tingkat keberhasilan kurikulum merdeka dalam mengatasi Learning Loss dengan memberikan tiga karakteristik yang berbeda dengan kurikulum sebelumnya yaitu pembelajaran berbasis projek, fokus pada materi esensial dan fleksibilitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur yang meninjau berbagai sumber kebijakan pemerintah dengan analisis pohon masalah sebagai identifikasi dan pemetaan alternatif solusi. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan “Kurikulum Merdeka” di tingkat satuan pendidikan dapat mengurangi Learning Loss selama pandemi COVID-19. Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Learning Loss, Kurikulum Merdeka/The COVID-19 pandemic poses challenges in the educational aspect that result in Learning Loss. The purpose of this research article is to review several education policies launched by the government in overcoming Learning Loss. One of the government policies is related to the learning process and curriculum implementation. This study provides an overview of the independent curriculum and examines the success rate of the independent curriculum in overcoming Learning Loss by providing three different characteristics from the previous curriculum, namely project-based learning, focusing on essential materials and learning flexibility. The research method used is a literature study that reviews various sources of government policies with problem tree analysis as identification and mapping of alternative solutions. Thus the results of the study indicate that the application of the "Free Curriculum" at the education unit level can reduce Learning Loss during the COVID-19 pandemic. Keywords: Covid-19 Pandemic, Learning Loss, Independent Curriculum

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 22 Jun 2022 08:22
Last Modified: 22 Jun 2022 08:22
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8161

Actions (login required)

View Item View Item