Perkembangan Teknologi Komunikasi dalam Meningkatkan Perekonomian di Indonesia (Studi pada Penggunaan E-Commerce di Akun Media Sosial)

Siahaan, Chontina and Lidwina, Pricelia Ruth (2021) Perkembangan Teknologi Komunikasi dalam Meningkatkan Perekonomian di Indonesia (Studi pada Penggunaan E-Commerce di Akun Media Sosial). Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6 (1). pp. 642-655. ISSN 2541 0849

[img] Text
PerkembanganTeknologiKomunikasidalamMeningkatkanPerekonomian.pdf

Download (309kB)
[img] Text (Reviewer (Ibu Chontina))
ReviewerPerkembanganTeknologiKomunikasidalamMeningkatkanPerekonomian.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPerkembanganTeknologiKomunikasidalamMeningkatkanPerekonomian.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/synt...

Abstract

Pemerintah dan masyarakat tentunya harus bekerja sama dalam mewujudkan pasar digital yang dapat memengaruhi pertumbuhan ekonomi. Pasar digital yang dimaksud dalam hal ini ialah penggunaan e-commerce yang tentunya dapat berpotensi membantu Usaha Mikro Kecil Menengah memasuki pasar global. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu cara yang dapat mempercepat peningkatan perekonomian di Indonesia ialah dengan menggunakan e-commerce. Masyarakat dengan mudah berbelanja secara online melalui penggunaan akun media sosial yang dimiliki seperti facebook, instagram, whatsapp dan lain-lain. Pola komunikasi yang terjadi di mana setiap pengguna e-commerce menyampaikan pesan secara online baik dengan memberikan komentar terhadap suatu produk dan juga melakukan proses pembayaran produk secara online. Pada dasarnya bahwa untuk dapat mempertahankan eksistensi e-commerce diperlukan partisipasi seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali. Kata Kunci: e-commerce; teknologi komunikasi; ekonomi / The government and society must certainly work together in realizing a digital market that can affect economic growth. The digital market referred to in this case is the use of e-commerce which can certainly potentially help Small and Medium Micro Enterprises enter the global market. This study uses qualitative methods with observation data collection techniques and in-depth interviews. The results show that one way that can accelerate the improvement of the economy in Indonesia is to use e-commerce. People easily shop online through the use of social media accounts owned such as Facebook, Instagram, Whatsapp and others. The pattern of communication that occurs where every e-commerce user conveys a message online both by commenting on a product and also making the process of paying products online. Basically that to be able to maintain the existence of e-commerce requires the participation of all elements of society without exception. Keywords: e-commerce; communication technology; economics

Item Type: Article
Subjects: TECHNOLOGY
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 02 Jun 2022 02:51
Last Modified: 22 Jun 2022 03:07
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8009

Actions (login required)

View Item View Item