Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Melalui Marketplace (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Produk Stahlwille Di Pt Fajar Mas Murni)

ILHAM, FANDI (2020) Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Melalui Marketplace (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Produk Stahlwille Di Pt Fajar Mas Murni). S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiranAbstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (500kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (462kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (241kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (231kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (347kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

A. Fandi Ilham (1871650803) B. FISIPOL / Ilmu Komunikasi / Hubungan Masyarakat C. xxxix + 66 halaman + 8 lampiran D. 20 buku + 1 materi seminar + 8 jurnal elektronik E. Singgih Sasongko, S.IP., M.Si F. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Melalui Marketplace (Studi Deskriptif Kualitatif pada Produk Stahlwille di PT Fajar Mas Murni) Perkembangan pemasaran digital terus mengalami peningkatan yang cukup cepat, menyebabkan persaingan di dunia bisnis pun semakin sengit dan merubah perilaku konsumen. Perusahaan harus cepat dan tanggap ber-adaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi dan membuat strategi-strategi pemasaran yang tepat jika ingin tetap bertahan. Era digital memanjakan para pelanggan, tanpa harus datang ketoko pelanggan dapat betransaksi dimanapun tanpa batasan waktu dan tempat dengan mudah dan aman. Metode pembayaran pun dapat dilakukan secara digital misalnya menggunakan kartu kredit, transfer, aplikasi dompet digital seperti OVO, Gopay, dll. Untuk mendukung hal tersebut muncul platform-platform Marketplace yang mempermudah baik industri besar maupun kecil untuk memasarkan produk nya ke masyarakat seperti Tokopedia, Bukalapak, Shoopee, dll). PT Fajar Mas Murni merupakan perusahaan trading company yang sudah berdiri kurang lebih 42 tahun dengan varian produk yang cukup bervariasi, menyebabkan produk yang bersifat retail kurang mendapatkan perhatian dan terjadi penumpukan stock dari tahun 2013 ke bawah yang cukup banyak, stock ini disebut dengan istilah dead stock. Perusahaan mencoba untuk membuat strategi baru untuk meningkatkan penjualan dead stock produk retail tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian Deskripitf Kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus, dimana peneliti mengumpulkan catatan-catatan penjualan produk, melakukan dokumentasi, mengumpulkan informasi dari nara sumber dengan melakukan wawancara dan mengamati fenomena perubahan iklim bisnis yang berubah baik secara internal maupun external. PT Fajar Mas Murni menggunakan strategi pemasaran electronic word of mouth (e-WOM) dengan menjalin komunikasi dan memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan sehingga pelanggan yang puas akan merekomendasikan kepada teman atau rekan bisnis nya. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Marketplace, Dead-stock, Pemasaran Digital, Electronic Word of Mouth./ A. Fandi Ilham (1871650803) B. FISIPOL / Communication Studies / Public Relations C. xxxix + 66 page + 8 attachment D. 20 book + 1 seminar material + 8 electronic journal E. Singgih Sasongko, S.IP., M.Si F. Marketing Communication Strategies in Increasing Product Sales Through Marketplace (Qualitative Descriptive Study on Stahlwille Products at PT Fajar Mas Murni) The development of digital marketing continues to increase, so that business competition is increasingly fierce and change consumer behavior. Companies must immediately adapt and create affective market strategies if they want to survive and competitive. In this digital age, customer are very spoiled and facilitated in transaction, they can transactions 24 hours without a limited time and place safely and quickly without having to come to store. Payment methods can be done with virtual account such as transfers, credit cards, digital wallet application like OVO, Gopay, etc. To support the digital era, we can find many online shopping platforms such as Tokopedia, Bukalapak, Shopee, etc., that make it easy for large and small industries to market their product to customer. PT Fajar Mas Murni is a trading company that has been established for more than 42 years with quite varied products, is one of the factors retail products sales to decline and stock buildup from 2013 onwards, this stock is called dead stock. The company is trying to create a new strategy to increase sales of dead stock. This type of research conducted by researchers is a qualitative descriptive study. The method used is the cases study method, in which researchers collect records of product sales, conduct documentation, and gather information from sources by interviewing and observising the phenomenon of business climate change from internal or external. PT Fajar Mas Murni uses Electronic Word Of Mouth (e-WOM) marketing strategies by establishing communication and providing good service to customers so they can recommend to friends or business associates. Key Words : Marketing strategy, Marketplace, Dead-stock, Digital Marketing, Electronic Word of Mouth

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSasongko, SinggihNIDN327046804UNSPECIFIED
Subjects: GENERAL WORKS
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 13 May 2022 08:49
Last Modified: 13 May 2022 08:49
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/7873

Actions (login required)

View Item View Item