Penerapan Media Kartu KUPUBIL sebagai Pengayaan Materi Ujian Nasional Biologi

Adinugraha, Fajar (2018) Penerapan Media Kartu KUPUBIL sebagai Pengayaan Materi Ujian Nasional Biologi. Bioeduscience, 2 (1). pp. 59-67. ISSN 2614 1558

[img]
Preview
Text
Penerapan Media Kartu KUPUBIL.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/bioeduscien...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan cara permainan media kartu KUPUBIL (Kartu Untuk Persiapan Ujian Biologi). Selain itu, untuk mengamati hasil nilai Ujian Nasional Biologi setelah dilakukan eksperimen menggunakan kartu KUPUBIL. Penelitian ini juga untuk mengetahui persepsi peserta didik tentang kebermanfaatan kartu KUPUBIL. Jenis penelitian adalah pre experimental design. Metode: Desain penelitian adalah the one-shot case study design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA SMA Citra Kasih Jakarta dengan sampel 12 siswa pemilih UNBK Biologi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Bentuk kartu KUPUBIL berjumlah 96 buah dengan ukuran 7,5 cm x 11 cm. Kartu berisi gambar-gambar yang sering keluar di soal Ujian Nasional. Permainan kartu ini dimodifikasi dari permainan kartu pada umumnya. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa media kartu ini mampu meningkatkan nilai Ujian Nasional. Nilai Try Out 6 (sebelum perlakuan) yaitu 67,92 sedangkan nilai Ujian Nasional (sesudah perlakuan) yaitu 73,75. Persepsi peserta didik terhadap kebermanfaatan media kartu ini adalah sangat positif. Hal ini ditunjukkan dari hasil wawancara kepada responden yang memberikan apresiasi dan merasakan manfaat dari media kartu KUPUBIL. Kesimpulan: Media pembelajaran kartu KUPUBIL dapat digunakan sebagai altenatif media pembelajaran dalam mempersiapkan Ujian Nasional Biologi.

Item Type: Article
Subjects: SCIENCE > Natural history (General) > Biology (General)
Depositing User: Edi Wibowo
Date Deposited: 12 Jun 2019 08:24
Last Modified: 12 Jun 2019 08:24
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item