ANALISIS RISIKO OPERASIONAL DIVISI LAYANAN PURNAJUAL PADA P.T.xKENINDO JAYA PERKASA INDONESIA

Lumbantobing, Juan (2018) ANALISIS RISIKO OPERASIONAL DIVISI LAYANAN PURNAJUAL PADA P.T.xKENINDO JAYA PERKASA INDONESIA. S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Manajemen risiko merupakan aktivitas manajemen di dalam mempersiapkan strategi untuk mengantisipasi kejadian yang tidak inginkan muncul. Layanan Purnajual, salah satu divisi di dalam P.T. Kenindo Jaya Perkasa Indonesia menghadapi risiko pada saat melakukan kegiatan usahanya. Risiko yang ditimbulkan berdampak sangat besar bagi perusahaan, yaitu penumpukan unit yang unready sale. Risiko ini timbul karena proses layanan purnajual internal tidak berjalan dengan baik. Penelitian ini menggunakan tahapan manajemen risiko sebagai metode analisisnya. Diawali dengan identifikasi risiko, kemudian mengukur risiko dengan menghitung peluang dan dampak dari risiko tersebut. Dari penelitian ini didapatkan ada lima kejadian yang tidak diinginkan yang menjadi penyebab menumpuknya barang yang unready sale. Lima kejadian yang tidak diinginkan itu adalah klaim di luar garansi, proses loading yang tidak safety, kesalahan tujuan pengiriman oleh ekspedisi, kerusakan di gudang pada saat penyimpanan, identifikasi servis yang salah. Skala bobot risiko ada pada angka 1-25, di mana kejadian klaim garansi di luar garansi menjadi kejadian yang tidak diinginkan dengan bobot risiko paling tinggi, yaitu 20-25. Untuk memitigasi kejadian yang tidak diinginkan, digunakan kebijakan manajemen risiko yaitu transfer risk pada kejadian klaim garansi di luar garansi, avoid risk pada kejadian kesalahan tujuan pengiriman oleh ekspedisi, reduce risk pada kejadian salah identifikasi servis, dan retain risk pada kejadian kerusakan barang saat pemeriksaan di pelabuhan. Kata kunci : Risiko Operasional Layanan Purnajual, Manajemen Risiko, Kebijakan Manajemen Risiko.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: SOCIAL SCIENCES > Industries. Land use. Labor > Management. Industrial management > Risk in industry. Risk management
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA > Magister Manajemen
Depositing User: Ms Yenny Novalita Gultom
Date Deposited: 06 Mar 2019 07:58
Last Modified: 06 Mar 2019 07:58
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item View Item