Analisis Pemahaman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Kristen Tentang Guru PAK Sebagai Panggilan Allah di Universitas Kristen Indonesia

Betty, Yoserviana Nesri (2018) Analisis Pemahaman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Kristen Tentang Guru PAK Sebagai Panggilan Allah di Universitas Kristen Indonesia. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Kristen tentang guru PAK sebagai panggilan Allah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh penulis berasal dari tujuh responden mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Kristen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Kristen Indonesia, yang terbagi dari empat responden dari angkatan 2014 dan tiga responden dari angkatan 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa-mahasiswi Program Studi Pendidikan Agama Kristen sudah cukup memahami tentang guru Pendidikan Agama Kristen sebagai panggilan Allah. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis jawaban ketujuh responden yang cukup menjawab dan menjelaskan bahwa: 1) Pendidikan Agama Kristen adalah proses pembelajaran atau usaha sadar untuk mendidik, membimbing dan mengajarkan nilai-nilai kristiani berdasarkan pada Alkitab dan berpusat pada Kristus. 2) ketujuh responden tersebut juga mampu menjelaskan tentang arti panggilan dan pemahaman mereka tentang guru Pendidikan Agama Kristen sebagai panggilan Allah. Mereka mengatakan bahwa guru Pendidikan Agama Kristen merupakan panggilan istimewa dan guru Pendidikan Agama Kristen adalah pekerjaan yang mulia dan istimewa yang Allah berikan untuk membawa peserta didik mengetahui kehidupan yang dikehendaki Allah. 3) mahasiswa-mahasiswi Pendidikan Agama Kristen juga sudah memahami penggilannya sebagai guru Pendidikan Agama Kristen dan memahami tugas panggilan untuk mengajar serta siap mempertanggungjawabkannya. 4) para pendidik khususnya Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan cukup berhasil mendidik para mahasiswa-mahasiswinya untuk menemukan panggilan hidupnya dan mempertanggungjawabkannya di hadapan Tuhan dan sesama. Dan untuk memahami bahwa guru Pendidikan Agama Kristen adalah panggilan Allah merupakan sebuah proses. Kata Kunci: Pendidikan Agama Kristen, Guru Pendidikan Agama Kristen, Panggilan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: EDUCATION
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Ms Yenny Novalita Gultom
Date Deposited: 26 Feb 2019 08:53
Last Modified: 26 Feb 2019 08:53
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item View Item