GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA FK UKI ANGKATAN 2016 TENTANG PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA (P4GN)

Simanjuntak, Desy Ria and Nugraha, Abraham Albert (2017) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA FK UKI ANGKATAN 2016 TENTANG PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA (P4GN). Technical Report. Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia, Indonesia, Jakarta.

[img]
Preview
Text
Makalah dr. Desy.pdf

Download (106kB) | Preview
Official URL: http://repo.uki.ac.id

Abstract

Narkoba adalah obat – obatan dan zat – zat yang memiliki manfaat di dalam dunia kedokteran tetapi seringkali disalahgunakan. Narkoba itu sendiri dapat menyebabkan kecanduan dan menyebabkan hilangnya produktivitas dari penggunanya. Penelitian UNODC (United Nations Office on Drugs and Crimes) pada tahun 2013 menunjukkan prevalensi penyalahgunaan narkoba pada rentang umur 15 – 64 tahun secara global adalah 27,4 juta jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa FKUKI angkatan 2016 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa FKUKI angkatan 2016. Teknik sampling yang dipilih adalah random sampling dengan jumlah 100 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, distribusi tingkat pengetahuan responden yang memiliki tingkat pengetahuan tentang P4GN yang baik adalah sebesar 86 orang (86%) dari 100 orang responden. Sedangkan 14 orang (14%) dari 100 orang responden memiliki pengetahuan yang cukup. Dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagian besar mahasiswa FKUKI angkatan 2016 memiliki pengetahuan yang baik tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: MEDICINE > Medicine (General) > Medical education. Medical schools. Research
Depositing User: Edi Wibowo
Date Deposited: 28 Jan 2019 09:31
Last Modified: 28 Jan 2019 09:31
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item