Peran Pendidikan Agama Kristen di Gereja dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga

Sianipar, Desi (2020) Peran Pendidikan Agama Kristen di Gereja dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga. Jurnal Shanan, 4 (1). pp. 72-92. ISSN 2549 8061

[img] Text
PeranPAKdlmMeningkatkanKetahananKeluarga.pdf

Download (335kB)
[img] Text (Review)
ReviewPeranPendidikanAgama.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan

Abstract

Keluarga-keluarga pada saat ini menghadapi banyak tantangan dan ancaman dari berbagai hal yang membuat ketahanan keluarga juga terancam. Banyak keluarga mengalami perpisahan, kekacauan, penyimpangan, dan kerusakan sehingga tidak lagi mampu berkontribusi positif bagi masyarakat. Keluarga-keluarga membutuhkan penguatan, khususnya melalui pendidikan agama Kristen. Karena itu, tujuan dari tulisan ini adalah menganalisis peran pendidikan agama Kristen dalam meningkatkan ketahanan keluarga. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Tulisan ini merupakan kajian terhadap berbagai teori ketahanan keluarga dan pendidikan agama Kristen. Hasil penelitian adalah pendidikan agama Kristen berperan dalam meningkatkan ketahanan keluarga dengan melakukan penguatan spiritualitas keluarga melalui pesan dan narasi dalam Alkitab; melakukan pengembangan hubungan antara keluarga dengan unit-unit sosial yang lebih luas; mendampingi para orang tua supaya bertanggung jawab dalam pendidikan anak mereka sejak usia dini; menyusun kurikulum dengan memasukkan materi-materi terkait ketahanan keluarga; menyediakan buku-buku pengajaran Kristen yang memuat materi ketahanan keluarga; dan menyediakan para pengajar keluarga yang mampu menjadi teladan dalam ketahanan keluarganya. Kata Kunci: Peran, Pendidikan Agama Kristen, Meningkatkan, Ketahanan Keluarga

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:58
Last Modified: 20 Jan 2022 06:14
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/6237

Actions (login required)

View Item View Item